Upacara melasti pantai parangkusumo

Dalam rangka menyambut Nyepi Tahun Saka 1945 Masehi 2023, umat Hindu DIY melaksanakan upacara Melasti di Pantai Parangkusumo, Kretek, Bantul, Sabtu (18/03/2023).

Melasti merupakan salah satu rangkaian Perayaan Nyepi yang bertujuan untuk membersihkan segala kotoran badan dan pikiran (bhuna alit), serta upacara (bhuana agung) melalui prosesi spiritual keagamaan akibat perputaran karma selama satu tahun yang penuh dengan berbagai intrik, gejolak, nafsu dan berbagai perbuatan buruk atau negatif terhadap alam dan manusia.

Ketua Panitia Nyepi 2023, Wayan T Artama menyampaikan makna dari Melasti berasal dari kata Mala atau leteh/kotoran dan asti yang mempunyai makna memusnahkan atau membuang. 
"Di samping itu kita memohon tirta amerta untuk kesejahteraan pribadi dan umat manusia. Penyucian ini tidak hanya pada alam semesta melainkan semua insan Hindu yang harus menyucikan diri dan lingkungannya masing-masing," imbuhnya.

Selesai Melasti, semua pratima dan peralatan sembahyang yang lainnya di-linggih-kan di pura untuk memberkati umat dan menyongsong pelaksanaan Tawur Kesanga. Tawur juga diartikan sebagai membayar atau saur, melunasi hutang kepada pertiwi.

 

Follow IG : @dinparbantul

Video Menarik Lainya Bisa Kunjungi Youtube: Pariwisata Bantul