Goa Selarong, Wisata Bersejarah Persembunyian Pangeran Dipenogoro

Goa Selarong, objek wisata sekaligus tempat bersejarah yang terletak di Dusun Kembang Putihan, Kalurahan Guwosari, Kapanewon Pajangan, Kabupaten Bantul. Tempat persembunyian Pangeran Diponegoro dan pengikutnya dari serangan Belanda saat melakukan gerilya pada tahun 1825-1830. Saat ini Goa Selarong menjadi menjadi objek wisata bersejarah di Kabupaten Bantul. Selain untuk mengenang dan melihat napak tilas Pangeran Diponegoro, dengan suasana bukit kapur dan pohon rindang nan asri, menjadikan Goa Selarong sebagai pilihan tepat bagi para pengunjung yang  ingin sekedar refreshing dan menikmati keindahan alam sekitarnya.

 

 

Goa Selarong yang erat dengan perjalanan perjuangan Pangeran Dipenogoro memiliki dua goa utama, yaitu, Goa Putri di sebelah timur dan Goa Kakung di sebelah barat. Konon Goa Kakung digunakan sebagai tempat peristirahatan Pangeran Diponegoro. Sedangkan Goa Putri digunakan sebagai tempat peristirahatan istri Pangeran Diponegoro, RA Ayu Ratnaningsih. Di sekitar Goa Selarong juga terdapat air terjun yang indah. Air terjun ini akan terlihat semakin indah di musim penghujan.

 

Untuk berkunjung dan menikmati keindahan Goa Selarong, pengunjung hanya perlu menyiapkan tarif tiket sebesar Rp.6000. Tarif yang sangat murah untuk menikmati keindahan alam sekaligus belajar mengenai sejarah perjuangan para pahlawan. Pengunjung sudah bebas untuk berkeliling dan mengeksplor keindahan, untuk sekedar berfoto atau juga bertanya mengenai sejarah Goa Selarong kepada warga sekitar yang tinggal di daerah tersebut. Goa selarong dibuka mulai jam 08.00-16.00 WIB dan pengunjung disarankan menggunakan kendaraan pribadi, karena tidak ada kendaraan umum yang menuju daerah wisata tersebut.

 

 

 

Follow us on :

Sosial Media Dinas Pariwisata Bantul