Upacara Melasti

Umat Hindu Se Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaksanakan Upacara Melasti di Pantai Parangkusumo Kretek  Bantul, Minggu, 27/02/2022.

Upacara Melasti ini salah satu urutan Upacara Nyepi (Tawur Kesembilan). menurut keyakinan Umat Hindu melarung dalam Upacara Melasti disimbolkan sebagai membuang kotoran dari dalam hati masing - masing Umat Hindu. 

Bethara Hayang di laut Selatan dan Meminta tirta suci dari laut Selatan.

 Upacara ini dijabarkan Umat Hindu bukan hanya mensucikan diri dalam melasti. tetapi mensucikan Bumi sebagai tempat yang ditinggali. upacara ini digelar setiap tahun dan rangkaian hari raya Nyepi. 

Sebelum upacara melasti Umat Hindu mellaksanakan Kegiatan Bersih Pantai  atau Reresik Segoro. Reresik Segoro dilaksanakan pada sabtu 26/02/2022.

Bupati Bantul , Abdul Halim Muslih turut hadir dalam upacara Melasti yang digelar Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Yogyakarta. Bupati Bantul menyambut baik perayaan Nyepi yang dilaksanakan oleh Umat Hindu. “ saya mengucapkan Selamat memperingati Hari Raya Nyepi, Saka 1944 Masehi 2022," Sebutnya.

Tema ini dinilai mengandung energi untuk membersihkan kotoran. baik Kotoran pada Buana Alit (Manusia) Maupun Buana Agung  (Bumi).

(Riyan)