PERESMIAN 9 KAMPUNG PRAMUKA

Peresmian 9 Kampung Pramuka oleh Ketua Kwarda DIY GKR Mangkubumi. 
GKR Mangkubumi meresmikan 9 Kampung Pramuka di Gazebo Batik Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul. Sabtu (31/12/2022).

Ke-9 Kampung Pramuka tersebut tercantum dalam Surat Keputusan Ketua Kwarda DIY Nomor 032 tahun 2022 tentang Penetapan Kampung Pramuka di Daerah Istimewa Yogyakarta diantaranya Purwosari, Segajih, Sukorojo, Wukirsari, Putat, Bromonilan, Sangurejo, Pulewulung, dan Grogol.

GKR Mangkubumi menyebutkan alasan pemilihan tempat di Wukirsari karena di tempat ini ada prasasti di Pendopo Among Budoyo yang merupakan bantuan dari WOSM Foundation yang diresmikan oleh Raja Carl XVI Gustaf, tahun 2012.

9 Kampung Pramuka di DIY ini merupakan yang pertama diresmikan di Indonesia. Harapanya dengan diresmikannya 9 kampung pramuka ini menjadi pemicu bagi Kwartir Daerah lainnya dan menjadi rujukan untuk pengembangannya.

Bupati Bantul Bapak H.Abdul Halim Muslih dalam sambutanya menyampaikan bahwa "para pengelola termasuk yang terlibat di Kampung Pramuka ini mempunyai sikap dan karakter pramuka, memegang teguh dasa darma."

Dalam acara peresmian kampung pramuka tersebut juga menyajikan pameran UMKM seperti batik, wayang kulit, serta wedang uwuh sebagai potensi daerah Wukirsari.