FGD (Focus Group Discussion)

11 Desember 2023, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul mengadakan FGD (Focus Group Discussion) mengenai " Paparan Akhir Grand Design Bantul Bumi Mataram". Yang dihadiri oleh Bupati Kabupaten Bantul bapak H. Abdul Halim Muslih dan GKR Bendoro selaku Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah. Seperti yang kita ketahui bahwa Kabupaten Bantul memiliki banyak situs sejarah baik dari masa Hindu-Buddha hingga Mataram Islam.

Dari hasil diskusi ini terdapat tiga rumusan Bantul, yakni Bantul Bumi Mataram atau Bantul The Land of Mataram; Bantul Cikal Bakal Mataram atau Bantul The Origin of Mataram; dan Bantul Jiwa Mataram atau Bantul The Soul of Mataram. Bapak H. Abdul Halim Muslih dan GKR Bendoro menyampaikan sangat setuju dengan kata ‘The Origin’ karena di Bantul terdapat cikal bakal Mataram. “Ini bisa dikembangkan tidak hanya dari segi wisatanya saja,” ujarnya.

Selain itu diskusi tersebut di hadiri oleh beberapa pihak yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Bantul. Semua setuju apabila Bantul menjadi cikal bakal Mataram, hanya saja harus diberikan bimbingan dan sosialisasi terhadap pihak yang terkait.