Studi Komparasi Pokdarwis/Desa Wisata/Homestay Kabupaten Bantul

Bantul, 26 Oktober 2023, Dinas Pariwisata Kab. Bantul melalui Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Sumber Daya Pariwisata mengadakan kegiatan Studi Komparasi Pokdarwis/Desa Wisata/Homestay ke Kota Batu, Jawa Timur. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 26-28 Oktober 2023 dengan diikuti sebanyak 44 peserta dari unsur pengurus Pokdarwis, pengelola Desa Wisata, dan pengelola Homestay di Kabupaten Bantul. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memfasilitasi para pelaku wisata di Kab. Bantul dapat belajar mengamati dan memodifikasi untuk kemajuan wisata Bantul sehingga Desa Wisata Bantul semakin layak jual bagi wisatawan dengan tetap berbasis terhadap Sapta Pesona.

Desa Wisata Brau di Kota Batu menjadi tujuan utama kegiatan studi komparasi ini. Lokus tersebut dipilih karena Desa Wisata Brau memiliki banyak potensi yang dapat dijadikan contoh dari segi pengelolaan dan pemanfaatan alamnya. Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Bapak Kwintarto Heru Prabowo, S.Sos. menyampaikan bahwa kegiatan studi komoarasi ini untuk meningkatkan kekompakan antar pokdarwis dan desa wisata di Bantul. Disamping itu dalam rangka mengetahui strategi apa yang digunakan untuk menarik wisatawan yang tahun ini Kota Batu ditarget 10 Juta Wisatawan.

Sementara itu, Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Kota Batu, Diana Farianti, SS., MM. menyambut baik rombongan studi komparasi, beliau bersama Ketua Pokdarwis Desa Gunungsari dan pengelola Desa Wisata mengajak berkeliling melihat tempat penampungan pusat susu dan pengelolaan keju. Selain itu, rombongan diajak merasakan salah satu hasil olahan khas Desa Wisata Brau yaitu soto susu, hal tersebut merupakan inovasi Desa Wisata Brau dalam mengolah salah satu hasil produk di desa wisatanya. Selain berkunjung ke Desa Wisata Brau, peserta studi komparasi diajak mengunjungi destinasi wisata San Terra de Lafonte di Kabupaten Malang, off road jeep Kota Batu, serta mengunjungi pengelolaan wisata petik apel.

 

Follow us on : jelajahbantul.id