SERUNYA NAIK KANO MENYUSURI INDAHNYA LAGUNA PENGKLIK SRIGADING SANDEN

Pemuda dari Padukuhan Tegalrejo-Tegalsari, Kelurahan Srigading yang tergabung dalam Desa Wisata Alam Budaya Edukasi Tegalrejo-Tegalsari (Dewi Lambudi Rejo Sari) kembali menghidupkan wisata yang  tak jauh dari Jalur Jalan Lintas Selatan (JLLS) Jawa, Kabupaten Bantul ini.

Dengan mengandalkan pertemuan aliran Sungai Winongo Kecil dan Sungai Opak dipastikan aliran air Laguna Pengklik dapat dimanfaatkan untuk bermain kano sembari melihat hamparan hutan mangrove yang berada disisi timur Laguna Pengklik sehingga destinasi wisata edukasi membuat penasaran para pengunjung untuk mencobanya.

di kawasa ini tersedia 10 kano untuk wisatawan yang akan menyewa
Ketua Desa Wisata Alam Budaya Edukasi Tegalrejo-Tegalsari (Dewi Lambudi Rejo Sari), Rizal Archa Madhani "mengatakan  potensi Laguna Pengklik untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata cukup menjanjikan sebab tidak kalah dengan Laguna Pantai Depok, Kalau Laguna Pantai Depok dikembangkan destinasi wisata dengan jet ski maka kita mengembangkan dengan wisata kano dengan tarif yang lebih terjangkau dan cukup menantang," tuturnya.

Semangat mengembangkan wisata kano ini didukung oleh PemKal Srigading dengan menyiapkan 10 kano yg  terdiri dari 1 kano untuk 1 Orang dan 9 kano masing untuk 2 orang.

Pemuda Dewi Lambudi Rejo Sari mulai melakukan renovasi sarana prasarana yang ada di Laguna Pengklik. Terdiri dari memperbaiki toilet, bangunan untuk santap kuliner hingga tempat parkir.

Keselamatan adalah hal utama dalam wisata minat khusus atau olahraga seperti kano ini. Maka dari itu pemandu wisata kano Dewi Lambudi Rejo Sari dibekali pelatihan keselamatan yang melibatkan anggota SAR dan POS TNI AL Samas. Peralatan keselamatan mulai dari pelampung hingga helm wajib dipakai oleh wisatawan yang bermain kano.

Terkait biaya untuk wisatawan yang hendak menyewa kano, Rizal menyampaikan menyiapkan beberapa paket diantaranya :
1. 1 kano 1 org selama 30 menit Rp20.000 ribu, 
2. 1 kano 2 orang selama 30 menit Rp30.000 ribu 
3. 1kano 1 org selama satu jam Rp30.000 ribu 
4. 1kano 2 orang selama satu jam Rp50.000 ribu.

Di Laguna Pengklik ini tersedia 2 gasebo untuk bersantai serta fasilitas lainnya seperti parkir hingga toilet.

Rizal menyampaikan "Kedepan bangunan utama di Laguna Pengklik juga akan kita fungsikan untuk tempat santap makanan dari angkringan yang menyediakan menu tambahan kuliner tradisional," tambahnya lagi.

Wahana wisata air Kano, Laguna Pengklik untuk sementara baru melayani wisatawan pada hari Sabtu dan Minggu atau hari libur lainnya serta melayani pesanan khusus pada hari kerja.

Narahubung:

Rizal Archa Madhani (0822 2044 8199)

 

Follow us on: jelajahbantul.id