KEUNIKAN DESA WISATA KREBET

Desa wisata krebet adalah salah satu destinasi pariwisata yang berada di Dusun Krebet, Kelurahan Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa wisata Krebet ini menawarkan kerajinan batik, namun batik di desa wisata Krebet ini berbeda dengan batik biasanya. Jika biasanya batik menggunakan kain sebagai medianya, desa wisata Krebet menawarkan batik dengan media kayu.

Kegiatan membatik merupakan kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh sebagian besar warga krebet. 
Komoditas batik kayu produksi Desa Wisata Krebet sudah menjangkau skala nasional dan internasional. Batik kayu saat ini menjadi andalan di Desa Wisata Krebet.

Wisatawan yang berkunjung juga dapat mengikuti aktivitas belajar membatik dengan datang langsung ke galeri perajin yang ada, ataupun melalui pengelola desa wisata. Untuk mengikuti kegiatan ini wisatawan hanya perlu membayar sebesar Rp 30.000 hingga Rp 85.000, menyesuaikan ukuran kayu ukir yang dibatik. Fasilitas yang didapatkan oleh pengunjung yaitu, media batik seperti topeng atau wayang, canting, kompor beserta lilin, celemek pelindung, peralatan membatik lainya. Selain peralatan membatik peserta juga mendapatkan fasilitas lain seperti obat-obatan keselamatan, snack, serta minuman legen. Setelah selesai kegiatan belajar membatik, wisatawan dapan membawa pulang hasilnya.

Dengan adanya pariwisata di krebet ini juga memberikan dampak positif di sektor ekonomi masyarakat krebet seperti menawarkan penginapan atau homestay.