Berita

Praktek Lapangan Pelatihan Homestay

Rabu Pon, 14 Oktober 2020 11:34 WIB 23

foto

Bantul (8/10/2020) pariwisata.bantulkab.go.id - Bertempat di Desa Wisata Kaki Langit Mangunan, Dlingo, diadakan Praktek Lapangan Pelatihan Homestay untuk desa wisata di Kabupaten Bantul. Sebelumnya teori pelatihan diberikan pada tanggal 6-7 Oktober 2020 di hotel Ros In. Kegiatan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus Tahun 2020, program Pengembangan SDM bidang Kapasitas, dengan peserta sebanyak 44 orang yang berasal dari berbagai unsur masyarakat yang Desa Wisata-nya memiliki homestay. Narasumber hari pertama dan kedua dalam pelatihan ini antara lain Hairullah Gazali, SE, MBA (JTTC Yogyakarta), Dr. Destha Titi Raharjana, S.Sos, M.Si (Puspar UGM), Hasan Basri SE (JTTC), Bobby Ardyanta Setyo Ajie SE (GIPI DIY), Aris Budiyono (Desa Wisata Nglanggeran), Juna Indra CHA (JTTC), Andy Sumarlin (Ros In Hotel), Hary Lesto Hadi M.Sie (JTTC).

Pada hari ketiga narasumber dari Pokdarwis dan Pengelola Desa Wisata Kaki Langit Mangunan.

Kepala Bidang Kapasitas dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Antoni Hutagaol ST., MT. saat pembukaan pelatihan menyampaikan bahwa Pelatihan Homestay  merupakan salah satu bentuk dukungan untuk warga yang berada di Desa Wisata, pentingnya elemen penunjang wisata di tiap Desa Wisata terutama homestay, yang bisa memperpanjang  length of stay yg dapat memicu perputaran ekonomi di daerah tersebut, dan nantinya akan menjadi sumber penghasilan bagi pengelola dan warga sekitar. Menurut Antoni Hutagaol, pentingnya pelatihan ini diadakan adalah untuk menyadarkan masyarakat pengelola agar tetap menjaga kualitas homestay, baik ketika banyak tamu ataupun tidak, tetap menjadikan slogan  "aku iso, kowe iso, byantul iso! sebagai motivasi bekerja dalam membangun pariwisata Bantul. Dengan diadakannya Pelatihan Homestay oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul.

Di akhir acara kunjungan lapangan di Desa Wisata Kaki Langit diserahkan sertifikat kepada perwakilan peserta pelatihan secara simbolis oleh Kepala Bidang Kapasitas Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul sekaligus menutup Pelatihan Homestay Tahun 2020.