Berita

Bunyi Keprak dan Otok-otok Tandai Puncak Peringatan Hari Pariwisata Sedunia di Kabupaten Bantul Tahun 2020

Senin Pahing, 28 September 2020 22:08 WIB 55

foto
Peserta upacara membunyikan keprak manuk dan mainan tradisonal otok-otok. Foto : DHW

Bantul (27/9/2020) pariwisata.bantulkab.go.id – Puncak Peringatan Hari Pariwisata Sedunia ke 40 di Kabupaten Bantul 2020 telah diselenggarakan pada Minggu (27/09/2020). Prosesi ceremony yang dilaksanakan di Yogyakarta International Airport (YIA) dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul dan dihadiri GM. PT. Angkasa Pura I, Pemda DIY, Pemda Kulonprogo, Bank BPD DIY Cabang Bantul, Bandan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) dan seluruh asosiasi pelaku Pariwisata Kabupaten Bantul ini mengikuti upacara dengan penuh hikmad.

Seminar on the road dengan tema “Pranatan Anyar Plesiran Jogja” mengawali rangkaian puncak acara pada hari ini. Transportasi pariwisata, smart tourism dan sistem pembayaran non tunai pada industri pariwisata di kupas tuntas oleh Owner PO. Bus Gelis Gede Maju Mandiri (V. Hantoro, ST); Divisi Tour dan Promosi ASITA DIY (Dra. Malia Uti); dan Divisi Pemasaran Bank BPD DIY Cabang Bantul.

Sementara itu, dalam sambutannya GM. PT. Angkasa Pura I Yogyakarta (Persero), Agus Pandu Purnama menjelaskan bahwa Yogyakarta International Airport (YIA) baru saja mendapatkan stampel save travel dari World Travel Association yang berarti bandara ini sudah memenuhi standart INTERNASIONAL, sehingga sangat siap untuk menyambut wiasatawan dari berbagai Negara. Namun demikian, pengembangan infrastruktur masih terus dikerjakan, seperti stasiun kereta api yang nantinya akan lebih mempercepat akses ke Bandara.  Selain itu, Agus Pandu Purnama juga memberikan apresiasi kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul atas kolaborasinya dalam pelaksanaan kegiatan ini, “Saya berharap kegiatan seperti ini menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan di YIA”, ungkapnya. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, S, Sos mengungkapkan bahwa Hari Pariwisata Sedunia tahun ini mengusung tema “Bantul in New Normal Era, Cleanliness, Health, Safety and Environment” Pelaksanaan Hari Pariwisata sedunia kali ini sengaja dilaksanakan di Kulon Progo, ini adalah pembuktian bahwa pariwisata DIY secara kompak dan bersama-sama bangkit dalam melawan virus covid 19. “Corona Bablas, Pariwisata Jelas”, tandasnya.

Selanjutnya secara simbolis puncak peringatan hari pariwisata sedunia tahun ini ditandai dengan membunyikan keprak manuk dan mainan tradisonal otok-otok oleh seluruh peserta upacara sebagai simbul mengusir virus corona-19 yang menjadi pandemi diseluruh belahan dunia. Tidak berhenti disini, peserta seminar on the road selanjutnya dimanjakan dengan kegiatan airport tour di YIA dan release tukik di Pantai Goa Cemara Bantul sebagai akhir seluruh rangkaian kegiatan hari ini. (DHW)

Dinpar Bantul