Berita

Peresmian Posko Terpadu Pariwisata di Kawasan Pantai Parangtritis

Selasa Pahing, 4 Agustus 2020 08:22 WIB 144

foto

 

Bupati Bantul Drs. Suharsono  menghadiri peresmian Posko Terpadu Pariwisata di Kawasan Pantai Parangtritis  pada Minggu (2 Agustus 2020). Turut hadir dalam acara tersebut  Kapolres Bantul, Dandim Bantul yang diwakili Danramil Kretek, Asisten Perekonomian dan Pembangunan,  Ka Dinas Pariwisata, Forkopincam Kretek, serta perwakilan dari HPI, ASITA dan PHRI.

Kegiatan diawali dengan apel bersama yang dipimpin oleh Bupati Bantul. Selanjutnya Kepala Dinas Pariwisata  Kwintarto Heru Prabowo, S.Sos melaporkan kesiapan Posko Terpadu yang memiliki visi “Terwujudnya Kawasan Pariwisata Parangtritis yang  bersih, sehat, aman, nyaman dan penuh kenangan”. Bupati Bantul  melakukan pemeriksaan pasukan & kendaraan dinas serta posko beserta tamu undangan.

Maksud dan tujuan dibentuknya posko terpadu agar pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru/New Normal, sektor pariwisata yang menjadi lokomotif perekonomian di Kabupaten Bantul harus bisa menjadi contoh bagaimana kita hidup berdampingan dengan Covid-19 dengan cara menegakkan disiplin Protokol kesehatan.

Disiplin bisa ditegakkan dengan pengawasan intensif dari aparat TNI-Polri, OPD terkait (Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satpol-PP dan Dinas Lingkungan Hidup). Selain itu unsur Satpolair, Dir Pol Airud dan SAR Parangtritis juga berperan dalam penegakan disiplin sekaligus pelayanan

Untuk mewujudkan visi misi Posko Terpadu, seluruh anggota harus melaksanakan program kerja yang terdiri dari :

1. Melakukan upaya edukasi kepada wisatawan untuk mematuhi peraturan terkait kebersihan, kesehatan dan keamanan.

2. Memantau ketersediaan sarana prasarana pendukung CHS (Wastafel, bak sampah dan ramu-rambu)

3. Melaksanakan kegiatan patroli terpadu

4. Melaksanakan  pelayanan penaganan pertama kecelakaan di darat maupun di laut

5. Melaksanakan pelayanan informasi dan pengaduan wisatawan

6. Melaksanakan mediasi apabila terjadi kasus antara pelaku wisata dan wisatawan.