Berita

Resevasi Tiket Online Menggunakan Aplikasi Visiting Jogja

Selasa Legi, 14 Juli 2020 13:22 WIB 49

foto

 

Pengunjung objek wisata saat ini bisa reservasi tiket secara online melalui aplikasi Visiting Jogja. Pengunjung lebih mudah memesan tiket tanpa perlu antri sehingga physical distancing bisa dilaksanakan. Hal ini mendukung pencegahan penularan Covid-19.  Masyarakat bisa mengunduh Aplikasi Visiting Jogja di Play Store untuk smartphone berbasis android.

Dengan reservasi secara online, diharapkan tak terjadi penumpukan ketika memasuki tempat wisata. Aplikasi Visiting Jogja memudahkan pengelola destinasi wisata untuk mendata wisatawan sesuai yang disarankan protokol kesehatan dengan pelacakan nomor handphone, nama dan daerah asal pengunjung. Jika terjadi kasus positif di destinasi wisata, akan lebih mudah pelacakan kontaknya.

Ada 5 destinasi wisata di Bantul yang bisa direservasi tiketnya melalui aplikasi Visiting Jogja, yaitu :

1. Pinus Pengger

2. Seribu Batu Songgo Langit

3. Puncak Becici

4. Pantai Parangtritis

5. Pinus Sari

Cara reservasi tiket menggunakan aplikasi Visiting Jogja :

1. Pilih destinasi wisata

2. Masukan data diri dan jumlah tiket

3. Mendapatkan QR kode pemesanan

4. Melakukan pembayaran di loket tunai/non tunai

Dengan aplikasi itu, wisatawan juga bisa mengobservasi tiap lokasi wisata yang akan dikunjungi. Dalam aplikasi tersebut wisatawan akan mengisi nama, email, nomor telepon, dan nomor induk kependudukan (NIK), jenis kelamin dan asal daerah. Riwayat perjalanan wisatawan akan menjadi data yang diperlukan apabila terjadi kasus corona. Ketika sampai lokasi wisata, para wisatawan juga tinggal menunjukkan QR Code. Hal ini diharapkan bisa mengurangi antrean yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

Saat ini destinasi wisata Pantai Parangtritis sudah dibuka dengan operasionalisasi terbatas. Wisatawan bisa melakukan pembayaran secara non tunai sudah bisa dilakukan dengan dompet online T-Money Bank BPD DIY dengan cara menscan kode QRIS di TPR Pantai Parangtritis. Untuk pembayaran secara tunai juga dilayani di pos TPR Parangtritis. Untuk ke empat destinasi wisata selain Parangtritis seperti disebutkan diatas, akan mulai uji coba pembukaan destinasi wisata dengan operasionalisasi terbatas pada 22 Juli 2020.