Berita

Umbul Donga; Nenuwun & Wiwitan Uji Coba terbatas Wisata Piyungan

Jumat Pahing, 10 Juli 2020 13:38 WIB 63

foto
wisata bantul,

 

Pemberlakuan uji coba operasionalisasi terbatas destinasi wisata, menjadi momentum menuju kenormalan hidup baru. Mulai menggerakkan perekonomian dengan tetap waspada dan berdisiplin menerapkan protokol kesehatan. Menyambut upaya pemberlakuan ini Forum Pokdarwi Kecamatan Piyungan melalui berbagai tahapan audiensi, konsultasi, edukasi dan simulasi, telah membuat kesepakatan dengan Pemerintah Daerah, Kecamatan, Polsek, Koramil, Puskesmas, Forum Pengurangan Resiko Bencana dan Pemerintah Desa untuk melakukan ujicoba operasional terbatas secara bertahap destinasi wisata komunitas di Piyungan. Uji coba terbatas akan mulai diterapkan pada hari Minggu, 12 Juli 2020 di Gerbang Banyu Langit dan Pasar Kebon Empring, sekaligus menguatkan Srimulyo sebagai Desa Wisata. 


Menemani ikhtiar lahir, perlu juga dilambari dengan umbul donga, nenuwun sebagai bentuk pepujian dan rangkaian harapan kepada Kang Akarya Jagad sebagai persembahan. "Persembahan" adalah pengejawantahan kerendahan hati dan kemauan untuk menyelaraskan diri dengan alam dan lingkungan. Rerangkaian ritus umbul donga kali ini dipucuki dengan kekidungan. Kidung/nyanyian syair yang kawengku guru lagu dan wilangan yg berisi kekudangan atau harapan. Dilanjutkan dengan tarian Sekar Pudyastuti yang berarti pepujian luhur yang diasumsikan sebagai tari permohonan agar apa yang dilakukan bisa terlaksana dengan baik terejawantah dalam iringan gendhing dan gerak ritmik. Tumpeng robyong dengan ingkung mengingatkan kita pada sequen Samodramanthana yg berisi lelaku tentang air hidup tirta amerta kamandalu. Diiringi ladrang Mugi Rahayu dan Sri Katon yang melambangkan semangat keselamatan dan kebangkitan.

Selanjutnya adalah pelepasan bibit ikan tawes ke Sungai Opak yang melambangkan pembebasan kehidupan dan kemanunggalan dengan alam semesta. Umbul donga ini bisa dimaknai sebagai pengejawantahan semangat memayu hayuning bawana dengan laku ekologis untuk tujuan pemeliharan kehidupan yang selaras. Prosesi Umbul Donga Nenuwun akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 11 Juli 2020 jam 10.00-12.00 WIB di Setren Opak Karangploso, sekaligus meneguhkan Desa Sitimulyo sebagai Desa Budaya.


Guna mencipta rasa aman untuk semua dan memastikan terciptanya prinsip Cleanliness, Health and Safety (CHS), setelah prosesi umbul donga, dilanjutkan pengecekan kesiapan sarana prasarana, ketersediaan sumber daya manusia dan alur proses management standar operasional prosedur di lokasi ujicoba, Gerbang Banyu Langit (GBL) dan Pasar Kebon Empring. Prosesi ini akan diakhiri dengan upacara Wiwitan yang menandai waktu memulai. Wiwitan merupakan bentuk keseimbangan hubungan antara manusia dan alam. Manusia bertugas mengolah karunia Tuhan berupa alam dengan baik dan selaras. Nasi wiwit dibagikan kepada semua yang hadir, sebagai wujud penguatan jalinan silaturahmi, bahwa dibutuhkan kebersamaan, kegotongroyongan, dan saling menguatkan dalam menghadapi pandemi global ini.


Forum Pokdarwis Kecamatan Piyungan mengharapkan proses pemberlakuan ujicoba operasinal secara terbatas dan bertahap ini menjadi acuan dan tolak ukur dalam pelaksanaan penerapan protokol kesehatan di 22 lokasi destinasi wisata komunitas di kecamatan Piyungan dan sekitarnya. Segala upaya ini kami lakukan untuk meminimalisir resiko penularan, menjadi ruang belajar bersama pelaku wisata komunitas, dan menumbuhkan kesadaran bagi pengunjug untuk mentaati protokol kesehatan di setiap destinasi. Tanpa peran serta dan dukungan Sobat Wisata semua, apalah daya kami. Mari dengan senang hati berkunjung secara bijak ke Piyungan. 


Kontak Person :  Hidayat Faisal Falah (089674405860)