Berita

Dinas Pariwisata Siap Mendampingi Pendaftaran Kartu Prakerja Bagi Pelaku Wisata Terdampak Covid-19

Kamis Pahing, 16 April 2020 09:39 WIB 128

foto
Pelayanan Pendaftaran Kartu Prakerja

Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul mulai hari Rabu, 15 April 2020 telah mendampingi masyarakat yang terdampak Covid-19 untuk mendaftar Kartu Prakerja secara online. Pelayanan dimulai pukul 08.00 hingga pukul 14.30.  Pelayanan dibuka setiap hari Senin hingga Kamis. Loket pelayanan sebanyak dua buah dengan maksimal pelayanan sebanyak 20 pendaftar, menyesuaikan dengan protokoler penanganan Covid-19/protokol kesehatan.

Dinas Pariwisata selaku dinas yang membidangi pariwisata dan sebagai ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 bidang ekonomi  memberikan pelayanan pendaftaran bagi warga yang tidak bisa mendaftarkan secara online melalui website Program Kartu Prakerja di alamat www.prakerja.go.id.  Dinas Pariwisata melayani pendaftaran bagi UMKM dan tenaga kerja pelaku wisata. Dinas lain yang juga memfasilitasi pendaftaran Kartu Prakerja yaitu Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian, Dinas Perdagangan dan Dinas Tenaga Kerja.

Tentang Kartu Prakerja

Kartu Prakerja merupakan program perlindungan sosial dampak wabah Covid-19 terhadap para pekerja terkena PHK, dirumahkan, UMKM dan pencari kerja.   

Syarat mendaftar Kartu Prakerja :

•             Warga Negara Indonesia (WNI)

•             berusia di atas 18 tahun

•             tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Pendaftaran dibuka setiap minggu, mulai tanggal 11 April 2020 hingga minggu ke-4 November 2020. Kuota 164.000 (seratus enam puluh empat ribu)  peserta. Pengumuman yang lolos dari gelombang pertama akan diumumkan pada Jumat 17 April 2020. Peserta yang gagal bisa mengikuti gelombang berikutnya.

Kartu Prakerja tidak berbentuk kartu fisik, melainkan sebuah kode unik 16 angka yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran pelatihan. Penerima Kartu Prakerja akan diberikan pemberitahuan melalui email dan/atau SMS.

Selama pandemi Covid-19 pelatihan dalam bentuk pelatihan online. Peserta bisa memilih pelatihan yang diselenggarakan oleh platform digital media. Melalui platform digital mitra resmi program Kartu Prakerja, yaitu:

1.            Tokopedia,

2.            Skill Academy by Ruangguru,

3.            Maubelajarapa,

4.            Bukalapak,

5.            Pintaria,

6.            Sekolahmu,

7.            Pijarmahir, dan

8.            Sisnaker. 

 

JUMLAH MANFAAT

Total senilai Rp3.550.000/ per orang;  terdiri dari:

1.  Bantuan biaya pelatihan Rp1.000.000 untuk membeli aneka pelatihan di platform digital mitra.

2.  Insentif tunai yang akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, Ovo atau GoPay milik peserta. Insentif ini terdiri dari dua bagian

a.  Insentif pasca penuntasan pelatihan pertama sebesar Rp600.000 per bulan selama 4 bulan (Rp2.400.000).

b.  Insentif pasca pengisian survei evaluasi sebesar Rp50.000 per survei untuk 3 kali survei (Rp150.000). 

Yang harus diperhatikan bagi peserta Kartu Prakerja apabila dalam waktu 30 hari sejak ditetapkan sebagai penerima, peserta belum menggunakan Kartu Prakerja untuk pelatihan pertama. Sisa bantuan biaya pelatihan setelah pelatihan pertama dapat digunakan untuk membeli modul pelatihan selanjutnya hingga 31 Desember 2020.

Syarat yang harus disiapkan oleh pendaftar Kartu Prakerja :

  1. KTP
  2. Alamat email aktif
  3. Nomor HP yang aktif sampai dengan minimal 6 bulan ke depan.

Peserta juga harus mengikuti test untuk memperoleh Kartu Prakerja yaitu Tes Motivasi dan Tes Kemampuan Dasar secara online  setelah mendapatkan akun prakerja. Pengerjaan tes selama 25 menit.

 

Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut tentang Kartu Prakerja dapat mengakses:

Website: http://www.prakerja.go.id

Email: info@prakerja.go.id

Instagram: @prakerja.go.id

Call Center: 021-25541246 (Jam Kerja: Senin-Jumat, Pukul 08.00-19.00 WIB)