Berita

Kunjungan Kerja Komisi B DPRD Kabupaten Serdang Begadai

Selasa Pahing, 17 Maret 2020 15:26 WIB 48

foto
Serah terima cinderamata

(Jumat 13 Maret 2020) Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul menerima kunjungan dari Komisi B DPRD Kabupaten Serdang Begadai. Kunjungan ditanggapi secara langsung oleh Sekretaris Dinas bersama Kepala Bidang Kapasitas, Kepala Seksi Promosi dan Pelayanan Informasi Wisata, Kepala Seksi Sumber Daya Manusia, Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, dan Staf Bidang Destinasi menanggapi kunjungan tersebut.

Dra. Annihayah, M.Eng Selaku Sekretaris Dinas membuka acara dengan  memberikan sambutan dan pengantar mengenai perkembangan pariwisata yang ada di Kabupaten Bantul.
Siswanto selaku perwakilan Komisi B DRPD Kabupaten Serdang Begadai menyampaikan  maksud dan tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana pengelola destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bantul. 

Markus Purnomo Adi, SE selaku Kepala Seksi Promosi dan Pelayanan Informasi Wisata menyampaikan tentang sistem pemasaran yang sudah dilakukan oleh Dinas Pariwisata. Dalam melakukan pemasaran Dinas tidak hanya melakukan secara klasikan seperti cetak kalender dan booklet tetapi sudah melalui media online seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Dinas Pariwisata juga mempunyai aplikasi jelajah bantul yang berisi semua informasi wisata yang dibutuhkan wisatawan. Selain itu Dinas juga bekerja sama dengan Perguruan tinggi melalui program pelayanan masyakaratnya. Dinas Pariwisata juga mengikuti pameran di luar Jogja dan pulau Jawa.

Antoni Hutagaol, ST, MT selaku Kepala Bidang Kapasitas menyampaikan langkah yang sudah dilakukan selama ini dalam mengembangkan sebuah desa wisata atau destinasi wisata baru mulai dari awal merintis sampai menjadi desa wisata yang maju. Kunci dari langkah tersebut yang pertama adalah membangun pokdarwis yang  didalamnya ada unsur sapta pesona. Pokdarwis ini terdiri dari orang yang mempunyai motivasi kuat untuk membangun pariwisata sehingga bisa menggerakan masyarakat lain untuk ikut berpartisipasi didalam pembangunan pariwisata melalui desa wisata. Dinas juga memberikan pelatihan, pembinaan dan mengadakan acara-acara untuk meningkatkan kualitas pelaku wisata dalam pelayanan saat melayani pengunjung.

Dinas juga mempunyai slogan untuk memotivasi desa wisata dan pokdarwis yaitu “inovasi ora ono entek e aku iso koe iso bantul iso”. Intan Delima Nur Bashirah, SH Selaku Staff Bidang Destinasi menambahkan bahwa untuk mendukung destinasi wisata yang baik, dinas harus  melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan di obyek wisata. Selain itu juga dinas mengadakan sosialisasi guna mempertemukan para pengusaha dibidang pariwisata untuk menunjangan perijinan usaha jasa pariwisata.