Berita

Sarasehan Forkom Pokdarwis/Desa Wisata Kabupaten Bantul di Watu Goyang

Selasa Pahing, 17 Maret 2020 14:50 WIB 45

Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul menggelar Sarasehan Forkom Pokdarwis/Desa Wisata Kabupaten Bantul tahun 2020 dengan mengundang seluruh anggota Forkom Pokdarwis/Desa Wisata pada Senin (9/3/2020) bertempat di Destinasi Tapak Tilas Sultan Agung Watu Goyang Mangunan Dlingo.

Pembukaan Sarasehan Forkom Pokdarwis/Desa Wisata Kabupaten Bantul dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Kwintarto Heru Prabowo S.Sos. Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Bidang Kapasitas dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Bantul Antoni Hutagaol, ST., MT., serta para narasumber.

Sarasehan ini menghadirkan narasumber dari STIPRAM Yogyakarta Eko Hariyanto M. Par. CHE., serta Nur Ahmasdi selaku pengelola Desa Wisata Wisata Wukirsari , Desa Wisata Krebet Agus Jati Kumara SE. Dihadiri juga oleh seluruh Ketua Forkom Pokdarwis/Desa Wisata Kab Bantul dan jajaran staf Dinas Pariwisata Bantul.

Sarasehan Forkom bertujuan untuk meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan. Kepala Dinas Pariwisata Bantul mengungkapkan bahwa adanya Pokdarwis memiliki peran penting dalam memajukan sektor pariwisata. Diharapkan masyarakat dapat menciptakan gerakan sadar wisata dengan menciptakan situasi yang kondusif kepada wisatawan di seluruh obyek wisata yang ada di setiap wilayah di Kabupaten Bantul agar tercipta pariwisata yang berkesinambungan. 


Masyarakat yang tergabung dalam Pokdarwis menurut Dosen STIPRAM Yogyakarta, “Pokdarwis merupakan salah satu kelompok yang memiliki peran dan kontribusi dalam mengembangkan kepariwisataan di daerahnya sehingga dapat berperan efektif dalam turut menggerakan masyarakat untuk mewujudkan lingkungan dan suasana yang kondusif tumbuh dan  tergabung dalam Pokdarwis. Sebelum penutupan sesi tanya jawab dan sharing dibuka untuk semua peserta, selanjutnya ditanggapi oleh  Kwintarto Heru Prabowo S.Sos beserta seluruh narasumber yang sudah hadir. Pada akhir acara   Antoni Hutagaol, ST., MT., menyerahkan Trophy Toni Booster Award sebagai bentuk terima kasih kepada pengelola yang telah memotivasi rekan – rekan di destinasi wisata lain.