Berita

Lomba Homestay tingkat Kabupaten Bantul

Jumat Pon, 13 Maret 2020 11:22 WIB 42

foto

Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Tahun 2020 mengadakan lomba Homestay tingkat Kabupaten Bantul, diikuti oleh 4 Homestay Desa Wisata yang lolos seleksi dari proses dan tahapan sebelumnya. Lomba dilaksanakan dalam satu hari pada tanggal 03 Maret 2020, lokasi pertama menuju Homestay Rahayu Mangunan, kemudian Homestay Akar Wangi Kebonagung, kemudian Homestay Wulan, Bendo, Wukirsari, dan terakhir Homestay Teja Kusuma, Tembi.

Tim juri terdiri dari Bobby Ardyanto Setyo Ajie SE., (GIPI DIY), Henry Brahmantya S.Ant. (PUSPAR UGM), Drs Octo Lampito (Harian Kedaulatan Rakyat), dan Drs. Herman Toni (HPI DIY). 

 Kepala Dinas Pariwisata Kab. Bantul Kwintarto Heru Prabowo,S.Sos., Sekretaris Dinas Pariwisata Kab. Bantul Dra Annihayah, M.Eng., beserta Kepala Bidang Kapasitas dan Ekonomi Kreatif Antoni Hutagaol, ST., MT., turut hadir dalam penilaian tersebut.

Kriteria penilaian lomba Homestay Desa Wisata tersebut adalah; dari sisi Administrasi yang meliputi Kepemilikan dan kepengurusan, Kontribusi terhadap kesejahteraan sosial, Kontribusi untuk keselamatan dan keamanan tamu, Mendorong terjadinya partisipasi interaktif antara masyarakat  lokal dengan wisatawan, Aktifitas/paket yang ditawarkan kepada pengunjung, Kualitas makanan dan minuman, dan Kemudian Profil dari masing- masing Homestay Desa Wisata.

Penjurian berlangsung dari Pukul 08.30 WIB selama satu hari, seluruh rangkaian acara lomba berjalan lancar, tertib dan sukses. Tujuan diadakannya Lomba Homestay Desa Wisata Kabupaten Bantul tersebut untuk mempersiapkan wakil Kabupaten Bantul maju ke Lomba Homestay Desa Wisata Tingkat D.I Yogyakarta. Pengumuman penilaian lomba akan diumumkan pada hari Senin, 09 Maret 2020 bertempat di Watu Goyang, Desa Wisata Tapak Tilas Sultan Agung, Mangunan, Dlingo.