Berita

Pembinaan Pokdarwis / Desa Wisata serta Penyerahan Hadiah Lomba Desa Wisata Tahun 2020

Jumat Pon, 13 Maret 2020 11:18 WIB 47

foto

Bidang Pengembangan Kapasitas dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul menyelenggarakan Pembinaan Pokdarwis / Desa Wisata serta Penyerahan Hadiah Lomba Desa Wisata Tahun 2020 Kabupaten Bantul di Bank Sampah Gemah Ripah Badegan, Bantul. Peserta pembinaan adalah pengelola dan penggiat Bank Sampah Gemah Ripah yang akan menjadikan Bank Sampah sebagai bagian Destinasi Wisata di Bantul. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo S.Sos., Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas dan Ekonomi Kreatif,  Antoni Hutagaol ST., MT. Turut diundang Muspika Kecamatan Bantul, beserta tokoh masyarakat setempat.

Acara dibuka Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Kwintarto Heru Prabowo S.Sos., kemudian sambutan oleh Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Antoni Hutagaol, ST., MT.  Pembinaan dipandu oleh narasumber Ir. Doto Yogantoro (Pengelola Desa Wisata Pentingsari Sleman), dan Nur Ahmadi (Ketua Forkom Desa Wisata Kab.Bantul). Tujuan Pembinaan Pokdarwis untuk melatih peserta agar mampu meningkatkan kinerja dalam  memberikan pelayanan prima, baik dalam menerima, melayani, maupun menangani wisatawan. Disamping itu, pembinaan juga dilaksanakan untuk mendorong penataan tertatanya destinasi wisata agar berdaya saing, mengajak peran serta lembaga masyarakat untuk membangun dan meningkatan destinasi wisata di wilayahnya  agar dapat meningkatkan daya tarik bagi pengunjung.

Selanjutnya acara dirangkai dengan penyerahan hadiah beserta trophy Lomba Desa Wisata Kabupaten Bantul Tahun 2020 dengan kategori Desa Wisata Berkembang dan Desa Wisata Embrio yang langsung diserahkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul. Daftar pemenang sebagai berikut :

Juara 1 Desa Wisata Berkembang diraih oleh Desa Wisata Karangasem Dlingo memperoleh uang pembinaan sebesar 5,5juta rupiah. Juara 2 Desa Wisata Berkembang diraih oleh Desa Wisata Jipangan Bangunjiwo memperoleh 4,5juta rupiah, dan Juara 3 Desa Wisata Berkembang diraih Desa Wisata Kiringan Jetis dengan 4 juta rupiah.

Kemudian Juara 1 Desa Wisata Embrio diraih oleh Desa Wisata Srikeminut Sriharjo memperoleh uang pembinaan sebesar 3 juta rupiah, Juara 2 Desa Wisata Embrio diraih oleh Desa Wisata Gunung Cilik Dlingo memperoleh 2,5juta rupiah, lalu Juara 3 Desa Wisata Embrio diraih oleh Desa Wisata Bendo Wukirsari Dengan 2 juta rupiah.