Berita

Akhirnya Bantul Memiliki Badan Promosi Pariwisata

Kamis Pon, 27 Februari 2020 08:53 WIB 257

foto
Anggota BPPD Bantul

Badan Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Bantul telah resmi dilantik Bupati Bantul yang  diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Bambang Guritno, S.H. Pelantikan dilaksanakan pada Selasa, 25 Februari 2020 di Sasana Krida Komplek Rumah Dinas Bupati, Trirenggo, Bantul disaksikan oleh perwakilan OPD terkait, camat serta para pihak yang concern di dunia pariwisata.

Unsur Penentu Badan Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Bantul beranggotakan 9 anggota yang terdiri dari Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia Dewan Pimpinan Daerah DIY, perwakilan dari Bantul Tourism Association, Perhimpunan Hotel dan Restauran cabang Bantul, Himpunan Pramuwisata Indonesia, wakil dari akademisi yaitu dari STIPRAM dan STMIK AKAKOM Yogyakarta, perwakilan dari  ASITA cabang Bantul dan juga dari INACA dan Organda.

“Jadi, Badan Promosi ini sifatnya adhoc, proses perekrutannya melalui seleksi beberapa waktu lalu dan disesuaikan dengan ketentuan komposisi”  tutur Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintaro Heru Prabowo, S.Sos.

Kwintarto menjelaskan pembentukan Badan Promosi Pariwisata Daerah ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Pariwisata. Yang memerintahkan pemerintah daerah membentuk Badan Promosi Daerah untuk mendukung pembangunan sektor pariwisata. 

Terbentuknya Badan Promosi Daerah diharapkan dapat membantu pemerintah DIY dalam mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan asing. Sebab pada tahun 2019 jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke DIY baru mencapai 500 ribu. Angka ini belum mencapai 30 persen dari target yang ditetapkan tahun ini 1,8 juta wisatawan asing.

Dalam sambutannya Ketua BPPD Bantul Hari Rachmadi, SE, MM menyampaikan jika kedepan Bantu diharapkan bisa menjadi destinasi wisata berstandar interasional dan semakin banyak wisatawan asing yang datang ke Bantul. BPPD Bantul sudah memiliki program agar Bantul semakin diminati dunia luar. (PH)