Berita

Desa Wisata Krebet Kembali Menggelar Merti Dusun Sebagai Ungkapan Rasa Syukur

Senin Kliwon, 24 Februari 2020 14:04 WIB 55

foto
Merti Dusun Krebet

Tahun ini Krebet kembali menggelar tradisi Merti Dusun dalam sebuah rangkaian acara acara dari tanggal 12 – 15 Februari 2020 sebagai berikut : 

1. Diawali dengan kegiatan pentas seni yang dilaksanakan di Amphitheater  menampilkan : Aneka tarian, musik Gank Jarot feat Java Loop dan Campursari Karno Laras 

2. Pengajian akbar yang diisi oleh ustad mudah dari Patok Negoro yaitu Miko Cak Coy

3. Penampilan grup Karawitan, Pementasan Ketropak milenial oleh kelompok Ketoprak Eka Muda Putra Budaya dengan lakon Ngunduhing Wohing Pakarti. 

4. Puncak acara dilaksanakan pada hari sabtu, diawali dengan Arak-arakan gunungan dengan bergodo prajurit dan pengombyong lebih dari 350 orang. Gunungan diarak menuju pusat acara Umbul Donga Pujo Basuki Merti Dusun Krebet tahun 2020, lalu berdoa bersama untuk kelancaran usaha dan keselamatan bagi seluruh masyarakat.

Desa Wisata Krebet rutin menyelenggarakan Merti Dusun setiap tahun. Merti Dusun menjadi sebuah tradisi di Krebet yang sudah ada sejak tahun 1945. Bagi masyarakat dusun Krebet Merti Dusun menjadi tradisi untuk mengungkapkan rasa syukur.

Sejak 1999 lalu tradisi Merti Dusun di Krebet dilengkapi dengan kirab gunungan untuk menarik minat wisatawan, karena Krebet masuk salah satu rintisan desa wisata.  Kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh masyarakat Desa Wisata Krebet setiap tahunnya, sebagai salah satu daya tarik wisata sekaligus melestarikan budaya. 

Turut hadir dalam puncak acara pada  hari Sabtu 15 Februari 2020 Bapak Wakil Bupati Bp H Abdul Halim Muslih, anggota DPRD DIY Bp Joko Purnomo, anggota DPRD Kab. Bantul Bp Anton Wahana dan Bp Suratman, Dinas Pariwisata Bantul, Yayasan Hondodento, Camat Pajangan, Lurah Sendangsari dan seluruh Dukuh se Kalurahan Sendangsari. 

Pada kesempatan itu gunungan dibawa kelapangan untuk diperebutkan oleh para pengunjung. Para pengunjung dihibur dengan pementasan jatilan Bekso Kudo Mataram dari Desa Wisata Krebet. Malam puncak acara dilaksanakan pementasan wayang oleh dalang Ki Geter Pamuji Widodo dengan lakon Baladewa Suci didukung bintang tamu Sihono dan 7 sinden-sinden muda.