Berita

Pelatihan Pengelolaan dan Pelayanan Pariwisata

Senin Pon, 17 Februari 2020 10:56 WIB 70

foto

Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul menyelenggarakan Praktek Lapangan Pelatihan Pengelolaan dan Pelayanan Pariwisata. Peserta Pelatihan  berjumlah 40 orang yang berasal dari Pokdarwis, Pengelola Destinasi, dan Pemerintah Desa Parangtritis,  Kecamatan Kretek, Bantul.


Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 10-12 Februari 2020 di Hotel Ros In. Dua hari pertama,  berupa teori dengan diisi narasumber Drs. Beny Suharsono, M.Si. (Paniradya Pati DIY), Wika Rinawati (JTTC), Bobby Ardyanto Setyo Ajie, SE. (Ketua GIPI DIY), Wahyu Pamungkas (JTTC),  Agung Purwandono (JTTC), Yusup Hendriyanto (JTTC), dan Drs. Edy Suharyono (JTTC).  Acara dibuka serta dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo S.Sos., Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Antoni Hutagaol, ST., MT., beserta staf Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul. 

Pembicara lain, Prof. Dr.Phil. Janianton Damanik, M.Si.  menyampaikan “Tujuan Tata Kelola Destinasi untuk mendorong peran sektor kepariwisataan untuk bersinergi  dengan Akademisi, Bisnis, Komunitas, Pemerintah, dan  Media  dalam skema mata rantai, dengan membangun lingkungan yang saling melengkapi untuk mewujudkan kualitas, aktivitas, kapasitas dan pelayanan kepariwisataan yang memberikan manfaat kepada lingkungan dan masyarakat. 


Selanjutnya pada tanggal 12 Februari 2020 kegiatan praktek lapangan Pelatihan Pengelolaan dan Pelayanan Pariwisata, yang dilaksanakan di destinasi wisata Tebing Breksi, Sambirejo, Sleman. Seluruh peserta dipandu oleh narasumber Mujimin S.Sos. (Ketua Pokdarwis Sambirejo), Kholiq Widiyanto (Pengelola Tebing Breksi) dan Nur Ahmadi (Ketua Forkom Desa Wisata Kab.Bantul). Sebelum peserta diajak untuk mengamati dan mereview destinasi Tebing Breksi, peserta mendapatkan penjelasan dan pemaparan apa itu destinasi Tebing Breksi dari Ketua Pokdarwis dan Pengelola Tebing Breksi.

Dengan mendengarkan langsung dari pelaku wisata Tebing Breksi, pengelola mengajak peranserta lembaga masyarakat untuk membangun dan meningkatan destinasi wisata di wilayahnya  agar dapat meningkatkan daya tarik pengunjung.
Setelah praktek lapangan selesai, Panitia dan Peserta berkumpul untuk upacara penutupan Pelatihan Pengelolaan dan Pelayanan Pariwisata sekaligus untuk penyerahan sertifikat pelatihan, upacara penutupan dan penyerahan sertifikat pelatihan dipimpin oleh Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Antoni Hutagaol, ST., MT.