Berita

Kunjungan dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ngawi

Kamis Wage, 13 Februari 2020 08:27 WIB 74

foto

Kemarin, tanggal 11 Februari 2020 Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul kembali dikunjungi  dari Kabupaten/Kota lain yaitu Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ngawi untuk mempelajari Program Kegiatan yang ada di Bidang Pengembangan Kapasitas dan Ekonomi Kreatif. Pimpinan rombongan tamu Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas dan Ekraf Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ngawi beserta 3 Kasi dan 1 Staf sebagai pendampingnya.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul bersama Kabid Pemasaran dan staf menerima kunjungan tamu tersebut.

Adapun maksud dan tujuan kunjungan Dinas  Pariwisarta Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Ngawi adalah ingin mengetahui lebih dekat Program dan Kegiatan Bidang Pengembangan Kapasitas dan Ekraf apakah sudah mengacu Permendagri no 90/2019, Sub sektor Ekraf yang menjadi unggulan termasuk  proses pengembangannya, kemudian Event apa saja yang telah dilaksanakan dalam pengembangan Ekraf apakah ada dampaknya, Kendala dan permasalaha yang terjadi dalam pengembangan sumber daya Ekonomi Kreatif, faktor pendukung keunggulan Ekraf serta tata cara melindungi Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) , sosialisasi dan Pelatihan apa saja yang sering dilakukan untuk mendukung SDM Pariwisata termasuk Regulasi sebagai pedoman pengembangan kegiatan tersebut.  

Sekretaris dinas menyampaikan beberapa jawaban yang diperlukan serta menambahkan ada banyak desa wisata di Kabupaten Bantul yang memiliki kekhasan dan keunikan masing-masing  sebagai ujud penerapan Ekraf dan inovatif yang kondisinya beragam dan  bagus. Karena Bantul memiliki 75 centra kerajinan yang tersebar di 17 Kecamatan serta menjadi salah satu  penunjang daya tarik wisata. Disampaikan juga bahwa beberapa Desa Wisata di Bantul beberapa tahun terakhir ini juga mendapatkan predikat terbaik di tingkat Nasional maupun ASEAN baik dalam pengelolaan Desa Wisata maupun akomodasi Homestaynya dan sebagainya. Masyarakat  di Bantul sekarang ini  banyak yang sudah sadar mengenai besarnya potensi  industri pariwisata. Pariwisata yang berkembang bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Banyak warga masyarakat yang sudah terbantu dengan adanya kegiatan pariwisata di desa. Pertemuan dilanjutkan dengan diskusi dan penyerahan cinderamata dari kedua belah pihak.