Berita

Kunjungan Kerja Komisi C DPRD Kabupaten Pemalang

Kamis Pahing, 6 Februari 2020 11:45 WIB 76

foto

Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul menerima  kunjungan kerja Komisi C DPRD Kabupaten Pemalang pada hari Rabu, 5 Februari 2020. Sekretaris Dinas bersama Kasi Obyek Daya Tarik Wisata dan staf Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul menanggapi kunjungan tersebut di ruang Aula Dinas Pariwisata. Ketua Komisi C, Bapak Nurul Huda,  menyampaikan bahwa maksud dan tujuan kunjungan Ke Dinas Pariwisata Bantul adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pariwisata Kabupaten Bantul yang dianggap berkembang dan perolehan PAD yang meningkat setiap tahunnya.

Sekretaris Dinas menyampaikan bahwa masyarakat di Bantul ini sangat kreatif dan inovatif, tidak adanya sumber daya alam yang dimiliki dan keterbatasan ekonomi yang ada, menjadikan masyarakat berfikir untuk membuat sesuatu yang menghasilkan nilai ekonomis. Dengan anugerah alam yang indah masyarakat berfikir untuk menciptakan destinasi wisata dengan sentuhan atraksi dan daya tarik mulai dari spot selfie, permainan unik dan paket wisata. Perlahan-lahan kunjungan wisatawan ke destinasi wisata semakin banyak dan membuat ekonomi masyarakat sekitar menjadi lebih baik. Peran Dinas Pariwisata adalah memberikan pendampingan kepada pengelola wisata dengan melakukan pembinaan berupa pelatihan, sosialisasi, fasilitasi kegiatan FORKOM dan lomba-lomba untuk merangsang kreativitas dan memelihara semangat mengelola destinasi wisata.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, S,Sos. menambahkan bahwa pengembangan pariwisata berbasis komunitas sangatlah penting, karena tujuan dari pariwisata adalah untuk meningkatkan length of stay wisatawan. Selain itu, menurut Pak Kwin, sapaan akrab Kepala Dinas Pariwisata; Kabupaten  Bantul melalui Dinas Pariwisata Bantul telah bekerja sama dengan beberapa pihak akan menyelenggarakan event berkelas internasional tahun ini, dan tahun yang akan datan. Dengan adanya event internasional ini diharapkan ada partisipasi dari peserta asing yang mengikuti, sehingga kunjungan wisatawan asing ke Kabupaten Bantul akan meningkat.  Selain itu juga Dinas Pariwsata juga bekerja sama dengan berbagai komunitas asosiasi pariwisata yang ada di Yogyakarta. Salah satunya adalah Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) yang akan membantu Dinas Pariwisata dalam melakukan pelatihan pengembangan kapasitas pelayanan dan penyajian wisata kuliner berkelas internasional. Dengan sinergitas penta helix berbagai stakeholder pariwisata, diharapkan cita-cita pariwisata menjadi lokomotif perekonomian Kabupaten Bantul dapat terwujud segera.