Berita

Kunjungan Scouts New Caledonia di Pasar Imogiri dan PGSP

Rabu Legi, 5 Februari 2020 08:23 WIB 263

foto
Kunjungan Scouts New Caledonia di Pasar Imogiri

Bantul, pariwisata.bantulkab.go.id -  Kunjungan dari Scouts New Caledonia di Pasar Imogiri disambut oleh Lurah Pasar Imogiri, Dinas Pariwisata serta perwakilan dari Kwarda Bantul. Penerimaan secara resmi diadakan di aula pasar dengan sambutan dari Sudarmanto selaku Lurah Pasar Imogiri. Kemudian diserahkan goodie bag sebagai souvenir dari Dinas Pariwisata yang diberikan oleh Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Antoni Hutagaol, ST. MT kepada pembina Scouts of New Caledonia. Paket goodie bag berisi booklet tentang pariwisata Bantul dan souvenir tempelan kulkas dari batik kayu.

Sebanyak 35 anggota Scouts of New Caledonia berkunjung ke Bantul. Pada pukul 10.00 WIB tiba di Pasar Imogiri, yang merupakan lokasi pertama yang dikunjungi di Bantul. Anggota Pramuka dari New Caledonia sebanyak 30 anak yang berusia sekolah menengah pertama didampingi 5 pembina mengadakan kunjungan ke Yogyakarta dan Bali  selama 14 hari.

Pembina Scouts of New Caledonia menyampaikan jika ini adalah kunjungan kedua, sebelumnya tim dengan jumlah lebih sedikit sudah pernah mengunjungi Pasar Imogiri dan tertarik dengan sistem transaksinya dan datang lagi dengan anggota pramuka lebih banyak.

Setelah penerimaan resmi, tamu-tamu kecil dari New Caledonia antusias berkeliling pasar Imogiri. Dengan didampingi penerjemah mereka berkomunikasi dengan penjual di pasar dan mencicipi makanan yang dijual seperti Mie Pentil.

Puas berkeliling perjalanan dilanjutkan ke Parangtritis Geomaritime Science Park di Depok, Parangtritis, Bantul.  PGSP disebut juga Museum Gumuk Pasir. Kegiatan pertama yang dilakukan yaitu menyaksikan film dokumenter tentang keberadaan Pantai Parangtritis, Gumuk Pasir dan Perbukitan Karst.

Selama 10 menit film diputar anggota pramuka dari New Caledonia menyimak dengan penuh perhatian. Kemudian mereka berkeliling gedung Parangtritis Geomaritime Science Park didampingi pemandu dari PGSP. Kunjungan ke PGSP membuka pengetahuan bagi anggota  pramuka New Caledonia. PGSP sebagai laboratorium gesospasial pesisir Parangtritis dan menyimpan berbagai benda yang berkaitan dengan ekosistem pesisir pantai, seperti berbagai jenis batuan, pasir, herbarium serta tersedia ruang audio visual yang nyaman untuk mengenal dan memahami gumuk pasir.