Berita

Kunjungan Kerja Komisi I DPRD kota Probolinggo

Rabu Pahing, 22 Januari 2020 13:11 WIB 201

foto

Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul menerima kunjungan dari Komisi I DPRD Kota Probolinggo bersama Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Selasa 21 Januari 2020. Sekretaris Dinas bersama Kepala Bidang Kapasitas, Kepala Seksi Analisis Pasar dan Kerjasama,  Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, dan Staf Bidang Destinasi menanggapi kunjungan tersebut.

Sekretaris Dinas membuka acara dengan  memberikan sambutan dan pengantar mengenai keadaan Kabupaten Bantul dan  perkembangan pariwisata yang ada di Bantul, mulai dari keadaan awal merintas destinasi wisata baru hingga mampu menjadi destinasi yang bisa meningkatkan ekonomi dan kesejahteran masyarakat sekitar.

Ketua Komisi I DRPD Kota Probolinggo menyampaikan bahwa maksud dan tujuannya adalah untuk mengumpulkan bahan guna melengkapi draf pembuatan RIPARDA. Selain itu juga untuk mengetahui peran Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul dalam mengelola pariwisata yang ada di Kabupaten Bantul.

Kepala Bidang Kapasitas menyampaikan langkah yang sudah dilakukan selama ini dalam mengembangkan sebuah desa wisata atau destinasi wisata baru mulai dari awal merintis sampai menjadi desa wisata yang maju.  kunci dari langkah tersebut yang pertama adalah membangun pokdarwis yang  didalamnya ada sapta pesona salah satunya. Pokdarwis ini terdiri dari orang yang mempunyai motivasi kuat untuk membangun pariwisata sehingga bisa menggerakan masyarakat lain untuk ikut berpartisipasi didalam pembangunan pariwisata melalui desa wisata. Dinas juga memberikan pelatihan, pembinaan dan mengadakan acara-acara untuk meningkatkan kualitas pelaku wisata dalam pelayanan saat melayani pengunjung. Dinas juga mempunyai selogan untuk memotivasi desa wisata dan pokdarwis yaitu “inovasi ora ono entek e aku iso koe iso bantul iso”.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul menyampaikan bahwa banyak desa wisata yang ada di Kabupaten Bantul tetapi tidak semua desa wisata itu dalam keadaan baik. Dinas selalu berusaha melakukan pembinaan kepada desa wisata yang kondisinya tidak baik dengan memberikan pelatihan dan mengadakan Forum diskusi kepada pokdarwis pengelola desa wisata. Pengembangan pariwisata juga tidak bisa lepas dari peran kerjasama dengan OPD lain karena pariwisata multisektoral sehingga membutuhkan kerjasama dengan berbagai pihak. Kerjasama dengan kepala desa juga perlu dilakukan untuk mempermudah dalam pengawasan dan pembinaan dalam penyampaian program kerja.