Berita

Pengukuhan Forkom Pokdarwis/Desa Wisata/Homestay Periode tahun 2020

Rabu Pon, 8 Januari 2020 12:08 WIB 60

foto

 

Kepala Dinas Pariwisata Bapak Kwintarto Heru Prabowo S. Sos mengukuhkan pengurus Forkom Pokdarwis/Desa Wisata/Homestay Kabupaten Bantul periode tahun 2020 pada hari Rabu, 8 Desember 2020. Pengukuhan dihadiri sekitar 30 Pokdarwis/Desa wisata/Homestay yang ada di Kabupaten Bantul dengan pembacaan ikrar yg diwakili oleh 3 pengurus. 

Pengukuhan Forkom Pokdarwis/Desa Wisata/Homestay menjadi awal bagi desa wisata untuk menyusun rencana kerja pengembangan pariwisata. Pokdarwis/Desa Wisata/Homestay merupakan pengembangan pariwisata berbasis kemasyarakatan sehingga diperlukan peran aktif dari Forkom agar pariwisata berkembang sesuai target.  Saat ini Bantul memiliki 62 desa yang memiliki pokdarwis/Desa wisata/Homestay. Ada yg berbentuk koperasi, Bumdes dan desa wisata. 

 

Dalam arahannya Kepala Dinpar Kab. Bantul menyampaikan jika Desa Wisata, Homestay dan Pokdarwis harus berinovasi untuk menjaga keberlangsungan desa wisata tetap diminati wisatawan. Desa wisata dalam berbagai konsep positif didukung penuh oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

 

Pada tahun 2020 Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul akan mengadakan 3 lomba yaitu :

1. Lomba Pokdarwis pada bulan Januari 2020

2. Lomba Desa Wisata pada bulan Februari 2020

3. Lomba Homestay pada bulan Maret 2020

 

Tahapan penilaian Lomba Pokdarwis :

14-24 Januari ~ pengiriman profil Pokdarwis

27 Januari ~ seleksi administrasi

28 Januari ~ peninjauan lokasi
30 Januari ~ pengumuman