Berita

Studi komparasi ke Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacitan

Senin Pahing, 23 Desember 2019 13:29 WIB 51

foto

Dalam rangka meningkatkan pelayanan  kepada wisatawan dan mengaplikasikan  sistem e-ticketing pemungutan retribusi di obyek wisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul melakukan studi komparasi ke Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacitan, Jawa Timur,  yang sudah menggunakan sistem e-ticketing dalam pemungutan retribusinya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacitan memaparkan pengelolaan destinasi wisata. Di Kabupaten Pacitan terdapat 19 destinasi wisata, 9 destinasi wisata berada dibawah pengelolaan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga dan 10 destinasi wisata lainnya dikelola oleh pihak lain, yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Dari 9 destinasi wisata yang dikelola Dinas Pariwisata, hanya 5 destinasi wisata yang sudah menggunakan e-ticketing, diantaranya Pantai Klayar, Pantai Watu Karung, Pantai Srau, dan Goa Gong. Untuk e-ticketing di Pantai Klayar agak berbeda dengan destinasi lain karena digabung dengan biaya parkir, jadi pengunjung tidak akan dipungut biaya parkir lagi.

Sistem E-ticketing yang digunakan untuk saat ini sebenarnya baru sebatas memindahkan rekapilutasi dari  yang awal manual menjadi menggunakan komputer. Penggunaan E-ticketing juga untuk meminimalisir penggunakan tiket lembaran, tiket lembaran digunakan ketika listrik padam atau hilangnya sinyal internet. Dari sisi  pengawasan, e-ticketing juga sangat membantu selain dari penggunaan cctv.

Tahun depan (2020) Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacitan berrencana  membuat sistem e-ticketing yang tiketnya bisa dibeli secara online melalui website, sehingga saat pengunjung tiba di lokasi, tinggal menunjukkan barcode pembelian. Sistem ini juga nantinya bisa diakses langsung di tingkat pengambil kebijakan di Kabupaten. Dengan sistem e-ticketing ini diharapkan bisa mengurangi antrian kemacetan pengunjung di loket Tempat Pemungutan Retribusi.