Berita

Pembinaan Desa Wisata (Pokdarwis) kepada 8 Desa Wisata

Rabu Pahing, 18 Desember 2019 15:49 WIB 186

foto

Bidang Pengembangan Kapasitas dan Ekonomi Kreatif pada Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, telah menyelenggarakan Pembinaan Pokdarwis/ Desa Wisata kepada 8 Desa Wisata. Peserta pembinaan di masing-masing lokasi berjumlah 65 orang yang berasal dari Pokdarwis/desa wisata setempat dan dari berbagai elemen masyarakat.

Delapan Desa Wisata yang memperoleh pembinaan yaitu:

1.  Pujasera,  Selopamioro,  Imogiri (dilaksanakan pada tanggal 6 November 2019),

2.  Puncak Bibis, Kasihan (7 November 2019),

3.  Goa Gajah, Lemahbang, Dlingo (12 November 2019),

4.  Taman Bronjong, Piyungan (13 November 2019),  Srikemenut, Sriharjo, Imogiri (14 November 2019),

5.  Jamu Gendong, Kiringan Jetis (19 November 2019),

6.  Semarseto,  Kasihan (20 November 2019), dan

7.  Nggirli Cawan, Sedayu (21 November 2019). 

 

Narasumber pembinaan Pokdarwis adalah  Wardoyo, S.Sn., MM. (Kepala Bidang Kapasitas Dinas Pariwisata DIY), Sigit Istiarto (Ketua Forkom Pokdarwis DIY), Bobby Ardyanto Setyo Ajie, SE. (Ketua GIPI DIY), Ir Doto Yogantoro (Pengelola Desa Wisata Pentingsari, Sleman), Tri Harjono (Ketua Forkom Desa Wisata DIY), Hari Rahmadi, SE., M.Par. (GIPI DIY), Nur Ahmadi (Ketua Forkom Desa Wisata Kab.Bantul), Agus Kumara Jati, SE. (Ketua Forkom Pokdarwis Kab.Bantul).

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Bapak Kwintarto Heru Prabowo S.Sos. Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Bapak Antoni Hutagaol, ST., MT., beserta staf Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul.

Bobby Ardyanto Setyo Ajie, SE. menyampaikan agar Pokdarwis bersinergi  dengan Akademisi, Bisnis, Komunitas, Pemerintah, dan  Media, dengan membangun lingkungan yang saling melengkapi untuk mewujudkan kualitas, aktivitas, kapasitas dan pelayanan kepariwisataan yang memberikan manfaat kepada lingkungan dan masyarakat serta dapat memberikan pelayanan prima baik dalam menerima, melayani, maupun menangani wisatawan,” demikian menurut Bobby.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul mengajak peran serta lembaga masyarakat untuk membangun dan meningkatan kualitas destinasi wisata di wilayahnya  agar dapat meningkatkan daya tarik pengunjung.

Acara Pembinaan Pokdarwis/Desa Wisata ditutup dengan tanya jawab antara peserta dengan narasumber dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul.