Berita

Pelatihan Pemandu Wisata Budaya (Sejarah)

Rabu Pon, 30 Oktober 2019 09:56 WIB 88

foto

Kamis 8 Agustus 2019 Dinas Pariwisata Bantul mengadakan Pelatihan Pemandu Wisata Budaya (Sejarah) dalam rangka Pengembangan SDM dan Kelembagaan Pariwisata di Kabupaten Bantul. Peserta Pelatihan diikuti 40 orang peserta dari beberapa destinasi yang ada di Kabupaten Bantul yang memiliki wisata budaya dan sejarah. Pelatihan berlangsung selama 3 hari, dimana hari pertama dan kedua 16 - 17 Oktober 2019 berlangsung di Ros-In Hotel, kemudian praktek lapangan pada hari ketiga 18 Oktober 2019 di 3 Destinasi yaitu tujuan pertama di Museum History Of Java, kemudian di Museum Purbakala Pleret, dan terakhir di Makam Raja Raja Kotagede. Pembukaan pelatihan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Kwintarto Heru Prabowo S.Sos. dan pada hari praktek pelatihan dipimpin oleh Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Antoni Hutagaol, ST., MT.

Dalam kegiatan praktek lapangan Pelatihan Pemandu Wisata Budaya (Sejarah), Peserta diajak untuk mengamati dan me-review lokasi pertama yaitu Museum History Of Java. Peserta dipandu oleh narasumber Dony Agus Saputro, S.Pd. (Ketua DPC HPI Bantul), Sugiyanto (DPC HPI Bantul), dan Isti Yunaida, S.S. (Pemandu Museum Ullen Sentalu). Selanjutnya, lokasi kedua yaitu Museum Purbakala Pleret, Peserta kembali melakukan pengamatan dan review dengan dipandu seluruh narasumber beserta Tim Teknis Museum Purbakala Pleret yaitu bp Susanto. Di lokasi ketiga yaitu Makam Raja Raja Kotagede, peserta melaksanakan kegiatan praktek pengamatan destinasi dengan dipandu seluruh narasumber beserta Carik Makam Raja Raja Kotagede, Hastono Sastro Purwanto, sekaligus seluruh peserta melaksanakan Evaluasi dan Tanya jawab dengan narasumber.

Setelah praktek lapangan selesai, Instruktur, Panitia, dan Peserta berkumpul untuk upacara penutupan Pelatihan Pemandu Wisata Budaya (Sejarah) sekaligus dilaksanakan penyerahan sertifikat pelatihan secara simbolis. Upacara penutupan dan penyerahan sertifikat pelatihan dipimpin oleh Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Antoni Hutagaol, ST., MT.