Berita

Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata

Senin Pon, 30 September 2019 12:47 WIB 14

foto

Bantul, 21 September 2019 Bidang Pengembangan Kapasitas dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Bantul menyelenggarakan Praktek Lapangan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata. Peserta Pelatihan Tata Kelola Destinasi berjumlah 40 orang yang berasal dari  Perwakilan Pokdarwis, Pengelola Destinasi, dan Pemerintah Desa, yang terdiri dari desa Srigading Sanden, Terong Dlingo, Parangtritis Kretek, Poncosari Srandakan, Bawuran Pleret, Sriharjo Imogiri, Gadingsari Sanden, Seloharjo Pundong, Mangunan Dlingo, Selopamioro Imogiri, Srimulyo Piyungan, Guwosari Pajangan , dan Triwidadi Pajangan. 
Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 19-21 September 2019 di Hotel Grand Dafam Rohan dimana 19 – 20 September 2019 berupa teori dengan di isi narasumber Rose Sutikno, SH., MM. (Kepala Bidang Industri Pariwisata Dinas Pariwisata DIY), Prof. Dr.Phil. Janianton Damanik, M.Si. (Kepala Puspar UGM), Esti Cemporaningsih, S.T., M.Si. (Puspar UGM), Sigit Istiarto (Ketua Forkom Pokdarwis DIY), Amin Kiswantoro, M.Par., CHE. (Dosen STIPRAM), Ir. Joko Kuntoro (Praktisi Pariwisata), Purwo Harsono (Ketua Koperasi Notowono), Bobby Ardyanto Setyo Ajie, SE. (Ketua GIPI DIY). Acara dibuka serta dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Kwintarto Heru Prabowo S.Sos., Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Antoni Hutagaol, ST., MT., beserta staf Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul. 
Dalam paparannya, Prof. Dr.Phil. Janianton Damanik, M.Si.  menyampaikan bahwa  tujuan Tata Kelola Destinasi untuk mendorong peran pelaku sektor kepariwisataan saling bersinergi  dengan menggerakkan Akademisi, Bisnis, Komunitas, Pemerintah, dan  Media  dalam skema mata rantai, dengan membangun lingkungan yang saling melengkapi untuk mewujudkan kualitas, aktivitas, kapasitas dan pelayanan kepariwisataan.
Selanjutnya pada tanggal 21 September 2019 kegiatan praktek lapangan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata dilaksanakan di 3 tempat yaitu yang pertama di Destinasi Watu Goyang, kedua di Destinasi Kaki Langit, dan ketiga di Destinasi Seribu Batu Songgo Langit. Seluruh  peserta dipandu oleh narasumber Dr. Desta Titi Raharjana S.Sos., M.Si. (Puspar UGM),, Ir. Joko Kuntoro (Praktisi Pariwisata), Nur Ahmadi (Ketua Forkom Desa Wisata Kab.Bantul), Agus Kumara Jati, SE. (Ketua Forkom Pokdarwis Kab.Bantul), dan Purwo Harsono (Ketua Koperasi Notowono). Peserta diajak untuk mengamati dan mereview seluruh destinasi yang sudah di datangi.
Setelah praktek lapangan selesai, Panitia dan Peserta berkumpul untuk upacara penutupan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata sekaligus untuk penyerahan sertifikat pelatihan, upacara penutupan dan penyerahan sertifikat pelatihan dipimpin oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Dra. Annihayah M.Eng.