Berita

Penanaman Pohon "Sapta Pesona "

Rabu Pahing, 4 September 2019 16:15 WIB 50

foto

Selasa 27 Agustus 2019, bertempat di halaman Gedung Tourist Information Center (TIC) Kabupaten Bantul,  Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul melaksanakan Gerakan  Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona. Acara ini dihadiri oleh seluruh camat dan lurah se-Kabupaten Bantul, Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI),  Satuan Karya Pariwisata, PHRI Bantul,  dan Perwakilan Pokdarwis dan Desa Wisata dengan seluruh peserta sebanyak 120 orang. Kegiatan ini berupa penanaman pohon "Sapta Pesona " yang menggambatkan  unsur 7 aksi Sapta Pesona, yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah, serta kenangan.
Dalam  sambutannya Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul,  Kwintarto Heru Prabowo S.Sos. menyampaikan  bahwa Sadar Wisata adalah sebuah konsep yang menggambarkan partisipasi dan peran masyarakat dalam mendorong terwujudnya suasana yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya suatu wilayah. Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona ini untuk menjadikan masyarakat sadar untuk menerapkan prinsip-prinsip Sapta Pesona  agar menjadi perilaku sehari-hari.
Dalam acara ini juga diserahkan bantuan alat alat kebersihan kepada petugas kebersihan.  Acara kemudian dilanjutkan tanya jawab seluruh peserta dengan narasumber dari Puspar UGM (Dr. Desta Titi Raharjana), Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda  Kab. Bantul ( Bambang Guritno, SH.) serta Kepala Dinas Pariwisata Bantul (Kwintarto Heru Prabowo, S.Sos). dengan moderator Antoni Hutagaol, ST, MT. (Kepala Bidang Kapasitas dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul). Pertanyaan dari beberapa peserta mengenai perkembangan pariwisata dari daerah masing masing, solusi dan saran langsung disampaikan oleh narasumber untuk memotivasi setiap elemen masyarakat agar dapat menerapkan aksi sadar wisata dan pesona.