Berita

Pelatihan Manajemen Homestay

Rabu Pahing, 4 September 2019 07:25 WIB 175

foto
Praktek strategi pemasaran homestay di pendopo homestay Rejo (Doto Yogantoro Pentingsari)

Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul menyelenggarakan kegiatan pelatihan manajemen homestay Kabupaten Bantul tahun 2019. Acara dihadiri sekaligus dibuka Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Parobowo S.Sos pada Rabu (28/8) di Ros-In Hotel. Turut juga dihadiri Kepala Bidang Pengembangan  Kapasitas dan Ekonomi Kreatif Dinpar Bantul Antoni Hutagaol ST,MT, Kepala Seksi Sumber Daya Manusia Bidang Kapasitas Dinpar Bantul Lina Yuliasri, SIP., Narasumber Pelatihan Manajemen Homestay dari PHRI Bantul, JTTC, GIPI Yogyakarta, STIPRAM dan Manajemen Ros-in Hotel, beserta jajaran staf dari Dinas Pariwisata Bantul. Kepala Dinas Pariwisata Bantul mengatakan, kemajuan pariwisata saat ini sangat penting dalam upaya pembangunan perekonomian masyarakat. Selain itu, pelatihan manajemen homestay sangat penting dalam rangka peningkatan kapasitas SDM pariwisata Karena lewat pelatihan ini pelaku industri pariwisata  diajak untuk memiliki kompetensi dasar pelayanan prima.

“Harapan kita peserta mampu mengimplementasikan kompetensinya untuk peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja, yang pada akhirnya semakin meningkatkan kualitas pelayanan dan memberikan nilai tambah bagi kesejahteraan perekonomian masyarakat,” tegas Kepala Dinas Pariwisata Bantul.

Maksud dan tujuan kegiatan pelatihan manajemen Homestay di kabupaten Bantul yaitu untuk mendukung dan meningkatkan kualitas destinasi pariwisata dan daya saing kepariwisataan daerah.  Selain itu juga bertujuan  meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas masyarakat lokal, serta perluasan kerja di bidang pariwisata khususnya homestay. Kegiatan pelatihan manjemen homestay ini dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 28 - 30 Agustus 2019 dari jam delapan pagi sampai lima sore. Dimana hari pertama dan kedua berupa teori dilaksanakan di Ros-in hotel, lalu hari ketiga berupa praktek dilaksanakan di Homestay Rejo Kaki Langit yang sudah menyandang predikat juara  Homestay Tingkat Nasional. Kegiatan pelatihan ini diikuti 40 orang peserta pemilik atau pengelola home stay yang ada di destinasi Kabupaten Bantul.