Berita

Pertunjukan Wayang Orang di Parangtritis, Semarakkan Malam 1 Suro

Senin Kliwon, 2 September 2019 07:14 WIB 36

foto

Malam 1 Suro bagi orang Jawa khususnya merupakan hari yg berbeda dg hari biasanya. Banyak kegiatan ritual untuk mengisi bulan Suro. Pada malam 1 Suro banyak orang mengunjungi tempat tertentu, salah satunya Parangtritis. Parangtritis tidak hanya dikunjungi wisatawan pd umumnya yg ingin menikmati keindahan Pantai & alam sekitarnya, tetapi ada pula wisatawan minat khusus yg punya tujuan khusus, yaitu ziarah ataupun nenepi. Wisatawan minat khusus inipun perlu dilayani dengan baik.


Salah satu bentuk pelayanan Dispar Bantul tersebut yaitu dengan mengadakan pertunjukan pentas Wayang Orang. Pentas yang diadakan di Joglo parangtritis tersebut,  kerjasama antara Dinas Pariwisata dengan PSTB (Persatuan Seni Tari Bantul), yang digelar pada hari Sabtu, 31 Agustus 2019 mulai jam 21.00 WIB - 24.00 WIB. Pertunjukkan Wayang Orang tsb mengambil lakon “ Sang Duta” Inti atau garis besar cerita tsb yaitu: Duta Pancawati,  Hanoman,diutus oleh Rama Wijaya untuk mencari Dewi Sinta yang di culik oleh Dasa Muka atau Rahwana. Di perjalanan, Hanoman tergoda oleh bujuk rayu Dewi Sayempraba, sehingga Hanoman menjadi buta karena makan buah racun yang diberikan oleh Sayempraba. Sementara itu, Sempati, burung yang dikuliti oleh Rahwana bertemu dengan Hanoman, mereka saling menyembuhkan. Hanoman sembuh dari kebutaan dan Sempati bisa terbang kembali. Hanoman melanjutkan perjalanan ke Alengka, kemudian bertemu Dewi Shinta dan membakar Alengkadiraja. Dari cerita tsb pesan yg ingin di sampaikan terkait  hal mengemban tugas. Tugas adalah mandat yang berat, jangan pernah lengah dan tergoda harta, tahta dan wanita. 


Pertunjukkan Wayang Orang tsb melibatkan penari laki-laki & perempuan sekitar 30an orang dan  pengrawit sejumlah 15 orang. Mereka adalah seniman Bantul. Penonton begitu antusias & sangat terhibur dg atraksi langka tsb. Banyak penonton bahkan mengabadikan dg gadget karena banyak kalangan muda ikut berbaur menikmati pertunjukan. Dalam bulan Suro, pertunjukkan selain diadakan malam 1 Suro, besok 15 Suro akan diadakan pertunjukan Kethoprak di kawasan Parangtritis. Harapannya semakin dapat meningkatkan kunjungan wisata.