Berita

Pelantikan Anggota Baru Satuan Karya Pariwisata

Rabu Kliwon, 28 Agustus 2019 07:54 WIB 22

foto

Pada hari Minggu, 25 Agustus 2019 bertempat di Tourist Information Center (TIC), Depok, Parangtritis, Kretek, Pimpinan Satuan Karya Pariwisata Cabang Bantul melaksanakan Pelantikan anggota baru Satuan Karya  Pariwisata sebanyak 29 personil yang teridiri 15 puteri dan 14 putera dari beberapa SMA dan SMK di Bantul.

Prosesi pelantikan diawali dengan upacara sederhana dengan pengucapan janji dan pembacaan Tri Satya. Setelah itu dilanjutkan dengan pemasangan badge dan penyiraman satu per satu anggota dengan air bunga oleh Ketua Pimpinan Satuan Karya Pariwisata, Ibu Dra Annihayah M.Eng.
Dalam amanatnya, Pimpinan Saka Pariwisata menegaskan peran anggota Saka Pariwisata untuk ikut serta dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Bantul. Anggota Saka Pariwisata dapat memilih salah satu dari 3 krida yang ada dalam saka pariwisata,  yaitu : Krida Pemandu Wisata, Krida Penyuluh Wisata dan Krida Kuliner. Selain itu anggota saka pariwisata harus bisa memiliki kexakapan yang ditandai dengan dimilikinya Surat Tanda Kecakapan Khusus (SKK),  bahkan didorong untuk bisa menjadi Pramuka Garuda, yang merupakan tingkatan tertinggi dalam Gerakan Pramuka. 

Acara pelantikan ini didahului dengan sarasehan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 Agustus 2019 dengan narasumber kak Budi dari Kwarcab Bantul,  serta kegiatan pendalaman kesakaan yang dilaksanakan di TIC Depok.