Berita

Pelantikan Pimpinan Satuan Karya Pariwisata Bantul

Kamis Wage, 22 Agustus 2019 07:50 WIB 28

foto

Bantul 19 Agustus 2019, Dinas Pariwisata Bantul mengadakan kegiatan Temu Satuan Karya  Pramuka Pariwisata dalam rangka peningkatan kemampuan anggota gerakan Pramuka di Bidang Kepariwisataan sekaligus Pelantikan Pimpinan Satuan Karya Pariwisata Bantul. Kegiatan dilaksanakan di destinasi Goa Selarong, Pajangan, Bantul. Acara dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo S.Sos, perwakilan Kwarda DIY Bunda Siswanti, Drs. Totok Sudarto M.Pd selaku Ka. Kwarcab Bantul,  Sekertaris Dinas Pariwisata Bantul Dra Annihayah M.Eng, Antoni Hutagaol, ST, MT. (Kabid Pengembangan Kapasitas dan Ekonomi Kreatif) , Agus Yuli Herwanta, ST.MT. (Kabid Pengembangan Destinasi), Ni Nyomah Yudiriani, SET. (Kabid Pemasaran), dan tamu undangan dari Saka pariwisata se Kab./kota di DIY.

Pelantikan Pimpinan Satuan Karya Pariwisata dipimpin oleh Drs Totok Sudarto, M.Pd. secara simbolis dengan pengucapan janji dan pemotongan tumpeng.  Menurut Ketua Kwarcab Bantul,  Pramuka terutama kaum muda memiliki peran penting dalam kegiatan pembangunan di bidang kepariwisataan. Oleh karena itu perlu bersinergi dengan Kwartir ranting, sehingga dalam aktivitas kepariwisataan dapat berperan lebih nyata di obyek wisata yang saat ini marak pengunjungnya, seperti di hutan pinus di kecamatan Dlingo.

Beliau juga mengatakan pemerintah dapat mendayagunakan anggota Gerakan Pramuka untuk mendorong perkembangan sektor pariwisata.  Seluruh tamu undangan kemudian diajak untuk menikmati film di mini theatre di obyek wisata Goa Selarong yang menceritakan tentang Goa Selarong dan sejarah Pangeran Diponegoro. Acara ditutup dengan makan siang bersama  dan diisi hiburan.