Berita

Pelatihan Pemandu Wisata Alam Rafting

Senin Wage, 12 Agustus 2019 10:31 WIB 111

foto

Kamis 8 Agustus 2019,  Dinas Pariwisata Bantul mengadakan Pelatihan Pemandu Wisata Alam Rafting untuk kedua kalinya, dalam rangka Pengembangan SDM dan Kelembagaan Pariwisata di Kabupaten Bantul. Peserta Pelatihan diikuti 40 orang dari 13 Destinasi yang ada di Kabupaten Bantul yang berpotensi wisata adventure susur sungai/rafting, yaitu: Desa Santan, Praon Cawan, Taman Tempuran Cikal, Bon Pring, Nggirli Piyungan, Jipangan, Kali Kuning, Manding, Mangir, Polaman, Girli Sedayu, Sobo Ndeso dan Sitren Opak. 
Pelatihan berlangsung selama 3 hari, dimana hari pertama dan kedua 6-7 Agustus 2019 berlangsung di Lynn Hotel, kemudian praktek lapangan pada hari ketiga 8 Agustus 2019 di Sobo Ndeso, Sedayu. 
Pembukaan pelatihan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo S.Sos. 

Pengisi materi dan instruktur Pelatihan Pemandu Wisata Buatan Outbound Park hari pertama tanggal 6 Agustus 2019 adalah Wardoyo S.Sn, MM. dari Dinas Pariwisata DIY, menyampaikan materi tentang wisata yang berkesinambungan (sustainable tourism), kemudian, Imam Widodo dari HPI DPD DIY menyampaikan teknik guiding dan menerima tamu yang baik dan benar, Sugeng Triyono dari SARDA D.I. Yogyakarta yang menyampaikan tentang water rescue dilanjutkan Abdul Ghoni dari FAJI DIY yang menyampaikan materi tentang Geomorfologi Sungai. Hari kedua 7 Agustus 2019 materi pelatihan diisi oleh Ratna Frehatin Ningsih, Manto Sitindaon, Abdul Munir Roy Alfatoni dan Hardi Zul Fadli yang semuanya berasal dari Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Yogyakarta. Hari Ketiga 8 Agustus 2019 praktek lapangan Pelatihan Pemandu Wisata Alam Rafting dengan instruktur gabungan dari hari pertama dan kedua yang keseluruhan berasal dari SARDA dan FAJI Yogyakarta.

Instruktur memberikan pelatihan berkenaan dengan teknik guiding mulai dari menerima tamu hingga tamu siap melaksanakan kegiatan adventure susur sungai/rafting.  Peserta bergantian praktek guiding menerima tamu sekaligus melakukan praktek susur sungai/rafting. Kemudian dilanjutkan Evaluasi dan Tanya jawab antara peserta dengan instruktur. Setelah praktek berakhir Panitia, Instruktur dan Peserta berkumpul untuk penyerahan Sertifikat Pelatihan sekaligus  melaksanakan penutupan Pelatihan Pemandu Wisata Alam Rafting. Penutupan dan penyerahan Sertifikat Pelatihan dipimpin langsung oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Dra Annihayah M.Eng.