Berita

Sarasehan Forkom Pariwisata Kabupaten Bantul tahun 2019

Kamis Wage, 18 Juli 2019 14:44 WIB 29

foto

Selasa, 9 Juli 2019, Dinas Pariwisata kab.Bantul menggelar Sarasehan Forkom Pariwisata Kabupaten Bantul tahun 2019 dengan mengundang seluruh Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Bantul dengan jumlah 17 Kecamatan dan 75 Desa bertempat di Pondok Bakaran Jl Parangtritis km.11 Manding Sabdodadi. Sarasehan Forkom Pariwisata Kabupaten Bantul dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, S.Sos. serta dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Propinsi D.I Yogyakarta Singgih Raharjo, S.H, M.Ed. sebagai narasumber dan narasumber lain dari Pengelola Desa Wisata dan Pokdarwis  yang sudah maju di DIY, yaitu dari Desa Wisata Pentingsari, Doto Yogantoro, dan Pokdarwis  Breksi, Sleman. 

Kegiatan Sarasehan Forkom Pariwisata bertujuan untuk meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan.

Kepala Dinas Pariwisata Propinsi D.I Yogyakarta menyampaikan bahwa Pokdarwis memiliki peran penting dalam memajukan sektor pariwisata. Diharapkan masyarakat dapat mewujudkan gerakan Sadar Wisata dengan menciptakan kondisi yang kondusif di seluruh obyek wisata yang ada di setiap wilayah di Kabupaten Bantul.

Masyarakat yang tergabung dalam Pokdarwis menurut Pengelola Desa Wisata Pentingsari, Doto Yogantoro, memiliki peran dan kontribusi dalam mengembangkan kepariwisataan di daerahnya sehingga dapat  mewujudkan lingkungan dan suasana yang kondusif sehingga wisatawan menjadi kerasan ketika mengunjungi obyek wisata.

Ketua Pokdarwis Breksi, Mujimin memaparkan proses bagaimana membentuk dan merintis Desa Wisata Breksi hingga sampai sekarang ini menjadi salah satu unggulan wisata di DIY.

Pokdarwis Tebing Breksi terus menerus melakukan evaluasi serta mengembangkan pariwisata melalui peningkatan peran serta masyarakat dalam memajukan pariwisata”.

Terakhir acara dilakukan sesi tanya jawab dan sharing dari tamu undangan, kemudian ditutup dengan tanggapan dari Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo S.Sos. beserta seluruh narasumber yang sudah hadir. Acara berlangsung semarak karena keaktifan peserta forum dalam berdialog dengan narasumber yang dihadirkan.