Berita

Test Tour bersama rombongan Saka Pramuka Pariwisata dan Perwakilan Desa Wisata

Senin Legi, 15 Juli 2019 13:30 WIB 62

foto

Bantul 26 Juni 2019, Dinas Pariwisata kab.Bantul menggelar Test Tour bersama rombongan Saka Pramuka Pariwisata dan Perwakilan Desa Wisata yang ada di Kabupaten Bantul, dipimpin langsung oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Dra Annihayah, M.Eng.

Kegiatan Test Tour dimaksudkan agar para peserta test tour dapat mempelajari kesuksesan tempat2 yang dikunjungi sebagai juara 1 dalam kategori lomba Pokdarwis, homstay dan desa wisata dan tour ini bertujuan untuk meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan, yang diikuti 75 orang peserta.

Pelaksanaan Test Tour dilaksanakan  1 hari menuju ke 3 Desa Wisata terkenal yang ada di DIY antar lain Desa Wisata Krebet, Desa Wisata Nglanggeran kemudian Desa Wisata Breksi. Tujuan pertama adalah Desa Wisata Krebet, Pajangan, Bantul,  dimana seluruh rombongan disuguhi kesenian khas Desa Krebet. Setelah sambutan dari ketua Desa Wisata Krebet Agus Kumara Jati SE, peserta dipersilahkan menikmati hidangan khas dan dilanjutkan membatik kayu yang merupakan kerajinan khas Desa Krebet sekaligus sebagai souvenir untuk masing-masing peserta.

Tujuan Kedua Menuju Desa Wisata Nglanggeran, Gunung Kidul, peserta menuju ke homestay Aris yang merupakan juara 1 DIY. Sambutan oleh pengelola Desa Wisata Nglanggeran Aris Budiono, dilanjutkan rombongan untuk menikmati kesenian dan kuliner khas Desa Nglanggeran. Kemudian  rombongan melanjutkan tour lokasi menuju pembuatan coklat khas Desa Wisata Nglanggeran.

Selnjutnya, tujuan terakhir adalah menuju Desa Wisata Breksi yang langsung disambut pengelola Desa Wisata Breksi, Mujimin,  yang memberikan pemaparan  bagaimana membentuk dan merintis Desa Wisata Breksi hingga sampai sekarang ini menjadi salah satu ikon wisata di DIY.

Terakhir acara dilakukan sesi tanya jawab dan sharing dari peserta rombongan Test Tour, kemudian ditutup dengan tanggapan dari Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Dra Annihayah M.Eng. sekaligus foto bersama dengan seluruh pengelola Desa Wisata Breksi yang menandai berakhirnya acara Test Tour tahun 2019 Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul.