Berita

Pelatihan Pemandu Wisata Buatan Outbound

Senin Legi, 15 Juli 2019 10:20 WIB 39

Sabtu 22 Juni 2019 Dinas Pariwisata Bantul mengadakan Pelatihan Pemandu Wisata Buatan Outbound dalam rangka Pengembangan SDM dan Kelembagaan Pariwisata di Kabupaten Bantul. Peserta Pelatihan  40 orang dari 7 Desa Wisata yang ada di Kabupaten Bantul,  yang berpotensi mengelola wisata Outbound, antara lain Desa Wisata Krebet, Kalakijo, Muntuk, Karangtengah, Mangunan, Mangir dan Bawuran. Pelatihan berlangsung selama 3 hari, dimana hari pertama dan kedua 20-21 Juni 2019 berlangsung di Hotel Ros In, kemudian praktek lapangan pada hari ketiga 22 Juni 2019 di Puncak Becici, Dlingo, Bantul. Pembukaan Pelatihan dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Antoni Hutagaol, ST, MT, sekaligus menandai keberangkatan Panitia dan Peserta pelatihan berangkat menuju lokasi ke Outbound Area di Puncak Becici,  Muntuk, kecamatan Dlingo.

Pengisi materi dan instruktur Pelatihan Pemandu Wisata Buatan Outbound hari pertama tanggal 20 juni 2019 adalah Wardoyo S.Sn dari Dinas Pariwisata DIY yang menyampaikan materi tentang wisata berkesinambungan, Surantini dari HPI DPC Bantul menyampaikan teknik guiding dan menerima tamu yang baik dan benar, Dian Wibowo Utomo dari AELI Yogyakarta dilanjutkan Aprilia Dewantoro juga dari AELI Yogyakarta yang menyampaikan materi tentang Experiential Learning (EL) . Hari kedua 21 Juni 2019 materi pelatihan diisi oleh Khoirul Hakim ST, Agus Supriyo S.Hut., Teguh Rahmat Parihatno dan Ruri Nugroho yang semuanya berasal dari Asosiasi Experiential Learning Indonesia (AELI) Yogyakarta. Hari Ketiga 22 Juni 2019 praktek lapangan Pelatihan Pemandu Wisata Buatan Outbound dengan instruktur gabungan dari hari pertama dan kedua yang keseluruhan berasal dari AELI Yogyakarta.

Instruktur memberikan pelatihan berkenaan dengan teknik guiding mulai dari menerima tamu hingga tamu siap melaksanakan kegiatan Outbound Park.  Peserta bergantian praktek guiding menerima tamu sekaligus melakukan praktek outbound. Kemudian Peserta melaksanakan Evaluasi dan Tanya jawab dengan instruktur. Panitia dan Peserta berkumpul untuk penyerahan Sertifikat Pelatihan sekaligus  melaksanakan upacara penutupan Pelatihan Pemandu Wisata Buatan Outbound, upacara penutupan dan penyerahan Sertifikat Pelatihan dipimpin langsung oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Dra Annihayah M.Eng.