Berita

Kunjungan DPRD Komisi II Kab.Bangka Selatan

Jumat Legi, 5 Juli 2019 18:37 WIB 45

foto

Dinas Pariwisata Bantul, mendapat kunjungan dari Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Bangka Selatan pada hari Jumat, 5 Juli 2019 . Kepala Dinas Kwintarto Heru Prabowo,S.Sos bersama Sekretaris Dinas Dra. Annihayah, M. Eng., Kepala Bidang Pemasaran Ni Nyoman yudiriani, Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Antoni Hutagaol, ST,MT  dan beberapa staf menanggapi pertemuan tersebut. 
Dra. Annihayah, M.Eng selaku Sekretaris Dinas menyampaikan sambutan selamat datang di Dinas Pariwisata Bantul dilanjutkan dengan memaparkan mengenai kondisi geografi Kab.Bantul yang beragam dengan beberapa obyek wisata yang ada. Dari objek wisata pantai,wisata goa, wisata alam dan desa wisata yang mempunyai beragam atraksi dan budaya. Untuk menarik kunjungan wisatawan Dinas Pariwisata Bantul mengadakan kerjasama MOU dengan kabupaten/kota lain melalui pertukaran wisata pelajar.
Ketua Komisi II DPRD Bangka Selatan, Zayadi menyampaikan maksud dan tujuan kunjungannya tersebut adalah dalam rangka kunjungan kerja  terkait masalah manajemen pariwisata berbasis budaya. Di Bangka Selatan  sebenarnya potensi wisatanya tidak kalah dengan Bantul,  tetapi sampai saat ini perkembangan pariwisata disana masih belum sebaik Bantul, oleh karena itu pihaknya melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pariwisata Bantul untuk mengetahui strategi apa saja yang sudah diterapkan oleh Dinas Pariwisata Bantul.
Antoni Hutagaol, ST, MT selaku Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menambahkan bahwa potensi desa wisata yang ada di Bantul ini mempunyai beragam keunikan dan budaya, yang menjadi tarik tersendiri bagi para wisatawan. Disamping itu Antoni juga menambahkan bahwa salah satu desa wisata yang didampingi oleh Dinas mendapat juara satu nasional dan juara satu ASEAN dalam perlombaan desa wisata . Karena mendapat juara satu tersebut banyak pihak yang melirik dan mencari tahu kiat-kiat pengelolaan desa wisata tersebut.   
Ni Nyoman Yudiriani, SET selaku Kepala Bidang Pemasaran  menyampaikan bahwa produk utama sebuah destinasi berkaitan dengan: Apa yang bisa dilihat, dinikmati dan dilakukan oleh wisatawan di destinasi tersebut. Selain itu Dinas juga berperan dalam melakukan pembinaan terhadap para pelaku-pelaku wisata guna mensosialisasikan pentingnya Sapta Pesona dalam mengelola obyek wisata. Dinas juga bekerjasama dengan pihak lain seperti perguruan tinggi,  HPI, ASITA, PHRI dan menerima CSR perusahaan/lembaga.
Kepala Dinas Pariwisata Kab. Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, S.Sos juga menyampaikan, perlu adanya sinergi antar berbagai OPD untuk mendukung kemajuan dalam sektor pariwisata. Kerjasama dengan kepala desa juga perlu dilakukan untuk mempermudah dalam pengawasan dan pembinaan dalam penyampaian program kerja. Penguatan kelembagaan pengelola destinasi wisata juga penting untuk memperkuat desa wisata dan mengantisipasi jika terjadi konflik dikemudian hari.