Berita

Pelatihan Pemandu Wisata Alam Susur Goa

Selasa Wage, 18 Juni 2019 08:06 WIB 47

foto

Bantul, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Tahun 2019 menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Alam Susur Goa dalam rangka pengembangan SDM Pariwisata yang dihadiri 40 peserta dari 4 Desa Wisata yang ada di kabupaten Bantul, bertempat di Ros In Hotel. Peserta Pelatihan Pemandu Wisata Alam berasal dari desa wisata yang memiliki potensi wisata adventure berupa susur goa. Desa tersebut adalah Seloharjo, dengan gua Jepang-nya, desa Selopamioro dengan gua Cerme-nya, desa Mangunan dengan gua Gajah-nya serta desa Guwasari, dengan gua Selarong-nya. Kegiatan dimulai dari tanggal 13 - 15 Juni 2019, hari pertama dan kedua berupa teori dan pendalaman materi yang di isi oleh narasumber ahli lalu hari ketiga praktek langsung di lapangan yang sudah didampingi instruktur dari ASC, Janagiri, dan SAR DIY .

Pelatihan Pemandu Wisata Alam Susur Goa hari pertama di isi oleh Singgih Raharjo, SH, M.Ed (Kepala Dinas Pariwisata DIY), Isnani Fajri, SE (HPI DIY), Achmad Zailani (Tapak Akindo Yogyakarta), Sigit Wicaksono (ASC DIY). Untuk hari kedua Istriyar Wikanto (Janagiri Yogyakarta), Achmad Agnan (SARDA DIY), Sugeng Triyono (SARDA DIY), Gabriel Rami Muit, S.T (ASC DIY) dan hari ketiga praktek lapangan dipandu oleh semua instruktur dan juga dihadiri Kepala Bidang Kapasitas dan Ekonomi Kreatif beserta jajarannya.

Materi Pelatihan Pemandu Wisata Alam Susur Goa berupa dasar-dasar safety dalam semua aspek, dasar-dasar rescue ketika terjadi kecelakaan , manajemen equipment agar peralatan tahan lama, membaca dan menganalisa Jalur goa, dan pembuatan SOP yang benar. Penyampaian materi pelatihan berlangsung dari jam 07.30 hingga 16.30 dilanjutkan kegiatan pendalaman materi pada malam harinya dari pukul 19.00 hingga 21.00. Peserta mengikuti pelatihan dengan semangat, selain itu pasca pelatihan, peserta masih dibina oleh Dinas Pariwisata dengan bimbingan petugas pendamping yang ahli di bidangnya.