Berita

Kunjungan DPRD Kabupaten Rembang

Senin Pahing, 27 Mei 2019 07:35 WIB 53

foto

Senin 20 Mei 2019 Dinas Pariwisata Bantul menerima kunjungan dari DPRD Kabupaten Rembang. Sekretaris Dinas Pariwisata, Dra. Annihayah, M.Eng. bersama Kepala Bidang Kapasitas, Kepala Bidang Pemasaran,  Kepala Seksi Obyek Daya Tarik Wisata, Kepala Seksi Kelembagaan Pariwisata, Kasubag Program, Keuangan dan Aset, Ketua Desa Wisata Kaki Langit dan Ketua Desa Wisata Wukirsari menanggapi kunjungan tersebut.  Henry Purwoko, S.Pd perwakilan dari  DPRD Rembang menyampaikan bahwa  kedatangannya bersama rombongan Ke Dinas Pariwisata dalam rangka study banding mengenai pengelolaan desa wisata di Kabupaten Bantul. 

Sekretaris dinas menyampaikan pengantar mengenai keadaan Kabupaten Bantul dan  perkembangan pariwisata yang ada di Bantul, mulai dari keadaan awal merintis destinasi wisata baru hingga mampu menjadi destinasi yang bisa meningkatkan ekonomi dan kesejahteran masyarakat sekitar.

Kepala Bidang Kapasitas menyampaikan langkah yang sudah dilakukan selama ini dalam mengembangkan sebuah desa wisata atau destinasi wisata baru mulai dari awal merintis sampai menjadi desa wisata yang maju,  Kunci dari langkah tersebut yang pertama adalah membangun pokdarwis yang  di dalamnya ditekankan Sadar Wisata dan Sapta Pesona. Pokdarwis ini terdiri dari orang yang mempunyai motivasi kuat untuk membangun pariwisata sehingga bisa menggerakan masyarakat lain untuk ikut berpartisipasi di dalam pembangunan pariwisata melalui desa wisata. Dinas juga memberikan pelatihan untuk meningkatkan kualitas pelaku wisata dalam melayani pengunjung.

Kepala Bidang Pemasaran juga menyampaikan strategi yang sudah dilakukannya diantaranya menjalin hubungan kerjasama dengan semua stake holder baik swasta, perguruan tinggi dan dari pemerintah sendiri. Selain itu juga ada kegiatan promosi ke luar daerah seperti mengikuti pameran dan travel dialog. Dinas juga menggunakan sosial media untuk media promosi seperti facebook, instagram, dan aplikasi Jelajah Bantul yang dapat diunduh di Playstore. Dengan aplikasi ini memudahkan pengunjung untuk mengetahui peta destinasi wisata, hotel, tempat makan, dan akomdasi lainnya.  

Ketua desa wisata Kaki langit dan Wukirsari juga menceritakan pengalaman mereka dalam membangun desa wisata;  mulai awal merintis, membangun, mengatasi konflik hingga sampai bisa menjadi seperti sekarang. Diharapkan dengan sharing pengalaman yang dimiliki ini bisa menjadi masukan untuk memajukan pariwisata yang ada di Rembang.