Berita

KADISORO MENUNJUKAN LANGKAH DAN KESERIUSANYA DALAM PERINTISAN PARIWISATA

Rabu Kliwon, 15 Mei 2019 09:05 WIB 76

foto

Kemajuan sebuah desa terletak pada semangat, kemauan dan niat masyarakatnya untuk bersinergi membangun segala komponen yang ada dalam sebuah desa. Salah satu komponen ini potensi yang dapat dikelola menjadi sumber perbaikan keadaan desa. Semangat membangun desa inilah yang coba disatukan dan diwujudnyatakan oleh kelompok warga dusun Kadisoro, Gilangharjo, Pandak, Bantul.

Di dusun Kadisoro terdapat potensi berupa pembudiya ikan baik ikan hias maupun konsumsi. Setidaknya terdapat 4 kelompok pembudiya ikan yaitu, Buana Mina, Mina Agung, Mina Muda Sejahtera dan Mina Dompon. Adanya kelompok pembudiya ikan ini mendorong beberapa pemuda untuk menjadikan dusun Kadisoro sebagai kampung wisata edukasi ikan di Kabupaten Bantul. Dengan dibantu tim dosen dari UMY, inisiatif para pemuda ini coba diwujudkan dalam proses kegiatan yang saling terkait.

Kegiatan pertama tersebut adalah sarasehan dengan topik bagaimana cara mengenali potensi dan mengelola potensi tsb menjadi sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat. Sarasehan ini dilaksanakan pada tanggal 1 April 2019 di Pendopo Puromanunggal Kadisoro dengan menghadirkan pakar dan pemrakarsa desa wisata dari Kementrian Pariwisata yaitu Drs. Bakri, MM dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kwintarto Heru Prabowo, S.Sos; Lurah Desa Gilangharjo, Drs. Pardiyono, Tim Dosen UMY, tokoh masyarakat dan kelompok masyarakat. Dalam pemaparannya, Drs. Bakri, MM menyampaikan bahwa segala potensi yang ada di dalam masyarakat baik itu lingkungan fisik berupa alam dan budaya keseharian masyarakat dapat menjadi keunggulan wisata jika dikelola dengan sungguh-sungguh, maka hal itu perlu didukung oleh semua pihak baik dari pemerintah dan warga masyarakat sendiri.

Sebagai tindak lanjut kegiatan sarasehan pertama, maka diadakan kunjungan studi banding ke Desa Wisata Kaki Langit di Mangunan, Dlingo. Tujuan kegiatan ini adalah sebagai proses belajar bagaimana membangun desa wisata dengan memanfaatkan potensi yang ada. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7 April 2019 di Sekretariat Koperasi Notowono, Mangunan, Dlingo dan dihadiri oleh Pengurus Koperasi dan Ketua Desa Kaki Langit, Purwo Harsono; Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul yang diwakili oleh Karman, A.Md, Tim Dosen UMY dan warga pedusunan Kadisoro. Dalam penyampainya, Ketua Desa Wisata Kaki Langit, Purwo Harsono menyampaikan bahwa membangun desa wisata itu perlu dilandasi semangat dan kemauan yang kuat untuk berani mengubah keadaan menjadi lebih baik sehingga apapun kendalanya bisa dihadapi.

Adanya kegiatan ini adalah wujud pergerakan warga dusun Kadisoro untuk mewujudkan impian menjadikan dusun Kadisoro sebagai kampung wisata edukasi ikan dengan semangat “Makaryo Bangun Deso”.