Berita

Pelatihan Pemandu Wisata Alam Rafting

Senin Legi, 6 Mei 2019 12:26 WIB 35

foto
Praktek lapangan peserta pelatihan susur sungai di Selopamioro Adventure Park

Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Bantul menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Alam Rafting dalam rangka pengembangan SDM Pariwisata 4 Mei 2019.  Pelaksanaan pelatihan teori di Ros In Hotel, sedangkan praktek lapangan di Selopamioro Adventure Park, Selopamiro, Imogiri.  Peserta Pelatihan Pemandu Wisata Alam adalah dari desa wisata yang mempunyai potensi paket wisata susur sungai, yaitu; Desa  Wukirsari-Imogiri Kebosungu-Dlingo,  Selopamioro-Imogiri, serta Blawong-Jetis. Masing-maaing mengirimkan 10 orang peserta sehingga jumlah total 40 peserta. Kegiatan dimulai dari tanggal 02 - 04 Mei 2019. Pelatih/ instruktur dari Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) DIY, SAR DIY, Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) cabang Bantul.
Pelatihan Pemandu Wisata Alam Rafting hari pertama secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul,  Kwintarto Heru Prabowo, S.Sos sekaligus memberikan sambutan dan arahan, selanjutnya di isi oleh Narasumber: Singgih Raharjo, SH, M.Ed (Kepala Dinas Pariwisata DIY), Wahyu Adi Pramatmaja (HPI Bantul), Sugeng Triyono (SAR DIY), dan Hardi Zul Fadli (FAJI DIY). Untuk hari kedua dan praktek lapangan di hari ketiga narasumber dari anggota FAJI DIY, SAR DIY, HPI Bantul. Dalam praktek lapangan dihadiri Sekretaris Dinas Pariwisata Kab. Bantul, Dra. Annihayah. M.Eng., Kepala Bidang Kapasitas dan Ekonomi Kreatif Antoni Hutagaol, ST, MT., Kasi SDM Lina Yuliasri, SIP, Kasi Kelembagaan Karman, A.Md. dan jajarannya. 
Materi Pelatihan Pemandu Wisata Alam Rafting berupa dasar-dasar safety dalam semua aspek, dasar-dasar rescue ketika terjadi kecelakaan , manajemen equipment agar peralatan tahan lama, membaca dan menganalisa arus sungai, pembuatan SOP yang benar serta materi tentang Kebijakan & Potensi Pariwisata DIY dari Kepala Dinas Pariwisata  DIY. Penyampaian materi pelatihan berlangsung dari jam 08.00 hingga 17..00 dilanjutkan kegiatan pendalaman materi dan diskusi kelompok pada malam harinya dari pukul 19.00 hingga 21.00. 
Setelah berakhirnya pelatihan praktek, diadakan penutupan yang ditandai dengan penyerahan sertifikat dari Dinas Pariwisata kepada seluruh peserta.