Berita

Pemilihan Dimas Diajeng Bantul 2019

Kamis Pahing, 2 Mei 2019 09:19 WIB 52

foto
Tes Tulis Pengetahuan

     Pada tahun 2019 ini, Ikatan Duta Wisata Bantul bersama Dinas Pariwisata Kab. Bantul mengadakan Pemilihan Dimas Diajeng Bantul 2019. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk Memberdayakan pemuda-pemudi asli Kabupaten Bantul untuk membantu mengoptimalkan potensi pariwisata di Kabupaten Bantul. Selain itu juga untuk Menjaring, memilih, dan meregenerasi pemuda-pemudi Kabupaten Bantul yang peduli akan budaya dan pariwisata di Kabupaten Bantul sebagai bagian dari IDWB.

     Pemilihan Dimas Diajeng Bantul 2019 mengangkat tema “Sengkut Gumregut, Nyawiji Ngabdi Marang Nagari” yang berarti bekerjasama, bahu membahu mengabdi kepada negeri demi kesejahteraan dan kemakmuran bersama. Tema kali ini sejalan dengan semangat visi pembangunan Kabupaten Bantul itu sendiri.

     Pendaftaran telah dilaksanakan pada tanggal 1 - 31 Maret 2019 dan diperpanjang hingga 14 April 2019.  Pada hari Sabtu dan Minggu, 20-21 April 2019 lalu, peserta seleksi Pemilihan Dimas Diajeng Bantul(PDDB) 2019 telah melalui Seleksi Tahap I. Seleksi Tahap I ini terdiri dari:

1. Tes Tulis

2. Tes Wawancara

Tes Tulis sendiri dibagi menjadi dua bagian, yang pertama adalah Tes Pengetahuan dan yang kedua adalah Psikotes.

Adapun Tes Pengetahuan meliputi :

- Pariwisata Bantul

- Pengetahuan umum tentang pariwisata

- Kebudayaan

Sedangkan tes wawancara dilaksanakan pada hari kedua, yakni hari Minggu, 21April 2019. Tes wawancara terbagi menjadi beberapa pos yang masing-masing posnya bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang pengetahuan serta potensi peserta.

Adapun Pos Wawancara terbagi menjadi:

1. Pos Psikologi

2. Pos Pariwisata

3. Pos Kebudayaan

4. Pos Bahasa

5. Pos Public Speaking

6. Pos Organisasi

7. Pos Bakat

Setelah  melalui proses Seleksi Tahap I, terpilihlah 50 besar semifinalis PDDB 2019 yang berhak lolos ke Seleksi Tahap II.

Agenda kegiatan selanjutnya adalah Semifinal yang akan diselenggarakan pada hari Minggu, 5 Mei 2019 pukul 08.00 WIB s.d. selesai di Pendopo Parasamya Pemkab Bantul.