Berita

Kunjungan Diklatpim III Angkatan XVIII LAN RI Tahun 2019

Selasa Kliwon, 30 April 2019 15:46 WIB 90

foto

Senin 29 april 2019 Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul menanggapi  tamu dari Diklatpim III Angkatan XVIII LAN RI tahun 2019 di ruang rapat Dinas Pariwisata.
 Sekretaris Dinas Dra. Annihayah, M. Eng. bersama Kepala Seksi Analisis Pasar dan Kerjasama, C. Issri Putranti, A. Md. dan beberapa staf menanggapi pertemuan tersebut. 
Kunjungan Diklatpim III Angkatan XVIII LAN RI tahun 2019 dalam rangka untuk mengetahui inovasi apa saja yang telah dilakukan oleh Dinas Pariwisata, latar belakang  inovasi itu  dan beberapa hal yang berkaitan dengan tujuan, manfaat, hambatan, dasar hukum  serta alur kerja (SOP) dalam pelaksanaannya .
Sekretaris Dinas menyampaikan beberapa hal,  yang pertama mengenai profil Dinas Pariwisata, visi misi dan dilanjutkan dengan mengenalkan beberapa obyek wisata yang dikelola oleh Dinas serta jumlah pendapatan yang telah dihasilkan melalui obyek wisata yang dikelola  tersebut. 
Inovasi yang telah dilakukan. Untuk saat ini Dinas sudah melakukan promosi lewat medsos seperti facebook, instagram dan twiter. Selain dari medsos dinas juga mempunyai sebuah aplikasi yang memudahkan para wisatawanyang ingin mengetahui dan berkunjung ke Bantul. Aplikasi bertajuk Jelajah Bantul ini dapat langsung diunduh di PlayStore.
Jelajah Bantul merupakan kerjasama antara Pemerintah Bantul dengan UGM melalui Dinas Pariwisata dengan untuk Pemerintah Bantul dan Gamatechno untuk UGM. Dari awal pembuatan Jelajah Bantul telah mengalami beberapa perubahan meskipun ada beberapa data yang belum terupdate, akan  tetapi dinas terus mencoba untuk mengembangakan aplikasi ini agar lebih bisa digunakan dan bisa menjadi sumber informasi yang tidak hanya mengenai bidang pariwisata tetapi juga informasi yang bisa menunjang program Bantul mengenai smart city. Diharapkan  melalui inovasi terbaru khususnya di sektor pariwisata endingnya dapat meningkatkan jumlah wisatawan, lama tinggal serta belanja mereka selama tinggal di Bantul.