Berita

Awarding Lomba Foto dengan Tema "Pesona Destinasi Wisata Bantul"

Rabu Legi, 27 Maret 2019 14:30 WIB 93

foto

Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul menyelenggarakan lomba foto dengan tema Pesona Destinasi Wisata yg dimulai dari tanggal 18 Februari hingga 18 Maret 2019. Sebanyak 189 fotografer mengirimkan 778 foto karyanya. Pada tanggal 23 Maret 2019 digelar pengumuman dan pemberian penghargaan yang dilakukan di Rumah Budaya Tembi, Sewon, Banrul. 
Tiga juri yang bertugas, yakni Purnomo Adi Markus dari Dinpar Bantul, Leo fotografer profesional dan Novan JA fotografer media yang bertugas menyeleksi hasil karya yang masuk. Dari 778 karya  yang mengikuti lomba, diambil 50 karya terbaik yang kemudian mengerucut menjadi  25 foto terbaik. Dari 25 foto dibagi menjadi  19 foto juara favorit,  3 foto juara utama dan 3 foto juara harapan. 
Untuk syarat lomba adalah foto diambil sendiri di lokasi obyek wisata di Bantul.
Durasi pengambilan foto/pemotretan mulai 1 Juni 2018 hingga 15 Maret 2019. “Untuk lebih spesifiknya kita mencari foto yang benar-benar asli dan tanpa editan yang terlalu banyak, nanti 25 foto itu akan dipakai sebagai media promosi kita untuk masyarakat,” kata Kasi Promosi dan Pelayanan Informasi Dinpar Bantul, Markus Purnomo Adi atau Ipung, sekaligus  juri dalam perlombaan tersebut.

Selengkapnya hasil lomba:  juara 1 diraih Fahmi  H dengan judul "Keindahan Curug Pulosari" Pajangan ,  juara 2 Giri Wijayanto dengan judul foto "Senja di puncak Bawuran Pleret" serta juara 3 Feny Rizki dengan judul "Serunya karts Tubing " Sedayu.  Untuk Juara harapan 1 diraih Jefri Hanafiah-Eksotisme dengan judul “Goa Gajah”, Juara harapan 2 diraih Arfani Mujib dengan judul “Pesona Selopamioro”, Juara 3 diraih Roby Hartono dengan judul “Berfoto Ria di Bukit Panguk”. Para juara mendapat piagam, trofi dan uang pembinaan total senilai Rp 19 juta dari Dinas Pariwisata Bantul.
Dengan adanya lomba foto pariwisata diharapkan para peserta ikut mempromosikan destinasi Bantul melalui akun mereka yang beragam serta untuk mengungkit daya tarik wisata melalui hasil foto2 yang indah sebagai bahan promosi ke luar daerah Bantul sehingga bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Bantul.