Berita

Kunjungan Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Jepara

Selasa Pon, 19 Maret 2019 11:36 WIB 57

foto

Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul mendapat kunjungan dari Dewan Perwakilan  Rakyat (DPRD) Jepara, Kamis 14 Maret 2019. Maksud dan tujuan dari kunjungan ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan retribusi obyek wisata yang ada di Kabupaten Bantul. Mereka melihat Kabupaten Bantul memliki begitu banyak obyek wisata yang tentunya menyumbangkan PAD yang tidak sedikit. 

Kepala Dinas Pariwisata, Kwintarto Heru Prabowo, S.Sos. memaparkan bahwa Kabupaten Bantul memang memiliki obyek wisata yang banyak tetapi dari obyek wisata yang banyak itu yang di kelola oleh Dinas Pariwisata hanya obyek wisata Pantai Parangtritis, Pantai Depok, Pantai Samas, Pantai Goa Cemara, Pantai Pandansimo, Pantai Patehan, Goa Selarong Dan Goa Cerme. Untuk obyek wisata yang tidak dikelola Dinas Pariwisata,  bukan berarti tidak diperhatikan, tetapi dari Dinas Pariwisata tetap melakukan pembinaan dan pengarahan melalui lomba desa wisata, pertemuan pokdarwis, sosialisasi dan pelatihan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan dan SDM pelaku wisatanya.
Dari tahun 2016 sampai 2018 pendapatan PAD yang dihasil dari retribusi obyek wisata meningkat cukup signifikan meskipun terjadi penurunan dalam jumlah kunjungan. Untuk tarif retribusi ditahun 2018 mengalami perubahan yang dulunya diberlakukan satu tarif tetapi untuk tahun 2018 sampai sekarang diberlakukan dua tarif, tarif untuk  hari biasa dan tarif untuk hari libur atau event. 
Untuk di kabupaten Bantul sendiri tidak ada hari hari tertentu seperti yang ada di Jepara yang diberlakukan bebas biaya retribusi masuk. Untuk wisatawan yang memasuki obyek wisata yang dikelola dinas pariwisata wajib membayar retribusi masuk, tapi jika ada wisatawan yang menginginkan pengurangan biaya masuk wistawan bisa mengajukan permohonan dispensasi ke Dinas Pariwisata terlebih dahulu. Bila wisatawan menginginkan bebas biaya retribusi masuk wisatawan harus meminta izin ke Bupati Bantul terlebih dahulu.
Harapan dari Kabupaten Jepara dengan kunjungan ini agar bisa lebih baik dalam pengelolaan retribusi yang ada di obyek wisata yang mereka miliki.