Berita

Lomba Best of The Best Desa Wisata Kabupaten Bantul Tahun 2019

Selasa Pahing, 26 Februari 2019 07:57 WIB 143

foto

Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Tahun 2019 mengadakan lomba Best of The Best Desa Wisata Kabupaten Bantul, yang diikuti oleh (9) Desa Wisata yang lolos seleksi dari prosesi tahapan lomba sebelumnya. Sembilan peserta dibagi menjadi Tiga Kelompok selama tiga hari dimulai tanggal 19 - 21 Februari 2019.

Hari pertama penilaian, dimulai  di Desa Wisata Krebet – Kampung Santan – Manding. Hari kedua  di Desa Wisata Kebonagung – Karangtengah – Wukirsari, dan hari terakhir di Desa Wisata Napak Tilas Sultan Agung – Kaki Langit – Tembi.
 Penilaian berlangsung di masing- masing sekretariat Desa Wisata tersebut.

Tim juri terdiri dari Bp. Bobby Ardyanto (ASITA DIY), Bp Imam Widodo (HPI DIY), Ibu Esti Cemporaningsih, ST, M.Si (PUSPAR UGM), Bp Octo Lampito (Harian Kedaulatan Rakyat). Kepala Dinas Pariwisata Kab. Bantul, juga bertindak selaku juri lomba tersebut.

Turut hadir dalam penilaian tsb,  Sekretaris Dinas Pariwisata Kab. Bantul beserta Kepala Bidang Kapasitas dan Ekonomi Kreatif, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kab. Bantul dan jajarannya.

Kriteria penilaian lomba Best of The Best Desa Wisata tersebut adalah dari sisi Administrasi yang meliputi Kepemilikan dan kepengurusan oleh masyarakat ( legalitas ), Kontribusi terhadap kesejahteraan sosial ( manfaat bagi masyarakat lokal ), Kontribusi untuk menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan ( keamanan dan keselamatan pengunjung ), Mendorong terjadinya partisipasi interaktif antara masyarakat  lokal dengan wisatawan, Jasa perjalanan wisata dan pramuwisata yang berkualitas ( aktifitas/paket yang ditawarkan kepada pengunjung ), Kualitas makanan dan minuman, Kualitas akomodasi, Kinerja Friendly Tour Operator, daya tarik wisata ( kondisi alam ),  Kemudian Profil dari masing- masing Desa Wisata.

Penjurian berlangsung dari Pukul 08.00 WIB selama tiga hari berturut-turut, seluruh rangkaian acara lomba berjalan lancar, tertib dan sukses. Tujuan diadakannya Lomba Best of The Best Desa Wisata Kabupaten Bantul tersebut untuk mengevaluasi pengembangan desa wisata  di Kabupaten Bantul serta memotivasi pengelola desa wisata untuk selalu melakukan inovasi dalam pengelolaan desa wisata. Pemenang lomba akan diumumkan pekan depan, para peserta lomba berharap harap cemas apakah desa mereka akan sukses menjuarai untuk ditunjuk sebagai wakil Bantul dalam lomba desa wisata tingkat DIY.