Berita

Pembinaan Kelompok Sadar Wisata Pandansari

Senin Pahing, 11 Februari 2019 11:38 WIB 144

foto

Bantul 08 Februari 2019, Dinas Pariwisata kab.Bantul menggelar Pembinaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis),  dengan sasaran Pokdarwis Pandansari, yang berlokasi di Pantai Pandansari, Gadingsari, Sanden, Bantul.

Tujuan pembinaan antara lain untuk meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan. Pembinaan ini diikuti 30 orang peserta. Narasumber kegiatan tersebut: Ketua HPI DIY, Imam Widodo, perwakilan ASITA DIY Bobby Ardianto.  Kepala Dinas Pariwisata Kab. Bantul Kwintarto Heru Prabowo S.Sos ,  Kepala Bidang Kapasitas dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Antoni Hutagaol ST, MT. , serta tokoh Masyarakat Pandansari dan unsur perwakilan Pokdarwis dari obyek wisata lainnya turut hadir dalam pembinaan tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kab. Bantul mengungkapkan bahwa Pokdarwis memiliki peran penting dalam memajukan sektor pariwisata. Diharapkan masyarakat dapat menciptakan gerakan sadar wisata dengan menciptakan kondisi yang kondusif kepada wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pandansari.

Pokdarwis menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul,“ merupakan salah satu kelompok yang memiliki peran dan kontribusi dalam mengembangkan kepariwisataan di daerahnya sehingga dapat berperan efektif dalam turut menggerakan masyarakat untuk mewujudkan lingkungan dan suasana yang kondusif tumbuh dan  tergabung dalam Pokdarwis."

Pada akhir acara dilakukan sesi tanya jawab dan sharing dari masyarakat Pokdarwis Pandansari, kemudian ditutup dengan penyerahan trophy serta hadiah lomba Pokdarwis tingkat kab. Bantul tahun 2019 yg mana juga turut dihadiri pemenang lomba Pokdarwis dari Pokdarwis Desa Muntuk kecamatan Dlingo sebagai juara 1, Pokdarwis Desa Mangir, kecamatan Pajangan sebagai juara 2, lalu Pokdarwis Desa Mangunan, kecamatan Dlingo sebagai juara 3. Hadiah yang diberikan kepada pemenang, selain piagam penghargaan, juga uang pembinaan sebesar Rp 5.000.000,- untuk juara 1,  Rp 4.000.000,- untuk juara 2, dan Rp 3.000.000,- untuk juara 3.